Pianemo Island Pic .journeyera.com

Usahakan Sempat Mengunjungi Raja Ampat

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Surga seakan-akan pernah bocor mencipratkan kekayaan dan keindahannya, dan cipratan keindahan itu bernama Indonesia Raya*

Raja Ampat adalah salah satu kepingan surga tersebut, terletak di sebelah barat Papua surga dunia ini memiliki ribuan gugusan pulau dengan keindahan yang tak diragukan lagi. Empat pulau terbesarnya adalah Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.  Selain Bali, Raja Ampat adalah salah satu list bagi wisatawan manca saat berkunjung ke Indonesia.

Pianemo Island Pic .journeyera.com
Pianemo Island Pic .journeyera.com

“Jepang atau Raja Ampat?”  demikian seorang rekan pernah bertanya kepada saya. Spontan saja saya jawab “Raja Ampat”. Dan dia pun menyodorkan info lomba ini. Sebuah lomba menulis yang diadakan Detik.com dan Tiket.com ini salah satu cara saya agar sampai ke Raja Ampat. Alhamdulillah, langkah menuju Raja Ampat semakin dekat setelah saya menerima email pemberitahuan jika lolos ke fase berikutnya.

Selain indah, apa yang terbersit jika mendengar kata Raja Ampat. Mahal, demikian yang ada dipikiran beberapa traveller. Benarkah untuk pergi ke tempat dengan spot Diving terbaik di dunia itu mahal? Mari kita bahas.

Berapa Biaya Liburan Raja Ampat?

Akses menuju Raja Ampat adalah Sorong. Berapa harga tiket Jakarta Sorong. Kami mencari referensinya melalui website tiket.com karena di web ini kita bisa mencari #TiketKemanapun  Ada beberapa maskapai yang memiliki rute ke Sorong. Beberapa Maskapai bisa menjadi pilihan, NAM Air, Sriwijaya Air, Batik Air dan Garuda Indonesia. Ongkos termurah untuk Rute Jakarta – Sorong adalah NAM Air dengan biaya sekitar 1,3 juta. Demikian juga untuk biaya Sorong – Jakarta. NAM Air juga jadi maskapai termurah dengan biaya 1,1 Juta. Sebenarnya Sriwijaya Air dan Batik Air tak berbeda jauh, hanya berbeda beberapa puluh ribu saja. Namun dua maskapai tersebut harus transit terlebih dahulu di Makassar.

Tiket Jakarta Sorong PP

Sesampainya di Sorong, kita akan menggunakan kapal laut menujut Waisai Ibukota Kabupaten Raja Ampat. Biayanya sekitar 130 rb dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Sesampainya ke Raja Ampat wisatawan akan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) untuk wisatawan dalam negeri sebesar Rp. 500rb sementara untuk wisatawan asing sebesar 1 juta rupiah.

Untuk tempat tinggal, resort di Raja Ampat bertarif sekitar 350 ribu per malam dan itu sudah termasuk konsumsi tiga kali sehari kabarnya. Yang menjadi mahal adalah biaya kapal dari Waisai menuju beberapa destinasi wisata. Biaya kapal dari Waisai menuju wayag PP sekitar 13 juta. Sementara menuju Menuju Pianemo Sekitar 8 juta, atau jika ingin ke Teluk Mayablibit dari Waisai biayanya sekitar 6 juta. Untuk satu kapal bisa diisi sekitar 10 – 12 orang. Ini tentu akan memperkecil biaya sewa.

Selain tinggal di hotel, ada opsi lain jika kita ingin stay di Raja Ampat. Living on Board. Kita akan tinggal di atas kapal dan berkeliling pulau pulau di Raja Ampat. Di kapal ini akan ada boat yang mengantarkan kita ke destinasi pulau pulau yang ada di sana. Hal ini yang pernah dilakukan band Endank Soekamti saat merekam album terbaru mereka salam Indonesia. Selama satu bulan mereka mexeplore alam Papua dengan tinggal di atas kapal Kura Besi. Wisatawan nanti akan dijemput di Sorong dan sesudahnya mereka akan tinggal di kapal tersebut dan akan diantar kembali ke Sorong.

Dengan budget sekitaran 6 jutaan kita bisa mampir ke Surga dunia yang terletak di ujung nusantara. Selagi sempat usahakan menikmati wisata di Raja Ampat. Dan semoga tulisan ini bisa membawa saya terbang ke sana.

*Dikutip dari kaset Cak Nun – Lir Ilir

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

One thought on “Usahakan Sempat Mengunjungi Raja Ampat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *