Tren Kesehatan di Cina, Berbaring di Batu Panas

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Memiliki badan yang sehat tentu menjadi dambaan tiap orang baik itu yang masih muda apalagi bagi para kaum lansia. Cara menjaga agar badan tetap dalam keadaan sehat juga bermacam – macam dan salah satu cara yang terbilang unik ada di Cina.

Ketika musim panas tiba kebanyak orang di berbagai negara biasanya akan menghindari teriknya matahai sehingga tak mau berlama – lama ada di bawahnya. Akan tetapi hal berbeda justru terjadi di sebuah kota di Cina, Xi’ia. Di sana banyak kalangan lansia terutama para wanita yang justru akan sering keluar untuk berjemur di atas sebuah batu.

Tren Kesehatan di Cina, Berbaring di Batu Panas

Tren Kesehatan di Cina, Berbaring di Batu Panas

Kegiatan berjemur sambil tiduran di atas batu tersebut sudah seperti tren kesehatan yang telah lama dilakukan di sana, khususnya ketika musim panas datang. Saat tiba musim panas, biasanya banyak perempuan berbondong – bondong mencari pergi ke tempat yang memang terdapat batu – batu besar yang bisa mereka peluk atau kalau ada yang bisa mereka gunakan untuk berbaring. Saat berbaring, mereka akan mentupi wajah mereka dengan handuk agar panas matahari tak langsung mengenai wajah mereka serta mata mereka.
Untuk para wisatawan asing yang datang ke daerah Xi’an biasanya akan sedikit kaget dan heran. Mereka akan mengira ada sebuah pertunjukan daerah yang akan menjadi hiburan tambahan di sana. Akan tetapi, ternyata para wanita itu sedang berusaha menjaga kesehatannya dan mencoba menyembuhkan penyakit dengan cara tidur atau berbaring di atas batu panas khususnya saat musim panas tiba.
Kegiatan tersebut sudah berlangsung cukup lama dan ada salah seorang wanita bernama Lo yang mengungkapkan kalu dirinya mulai melakukan hal tersebut agar penyakit otot yang diderita olehnya bisa sembuh atau paling tidak berkurang. Ia pun berpendapat kalau kita ingin berbaring di atas batu, waktu terbaiknya untuk melakukan hal tersebut ialah sekitar pukul 3 sampai 4 sore. Menurutnya saat itulah matahari berada pada posisi yang pas.
Berbaring di atas batu besar panas saat musim panas memang sudah jadi tren kesehatan di sana, akan tetapi para dokter menganjurkan untuk tidak teralu sering melakukannya karena kegiatan ini sebenarnya cukup berisiki dan punya dampak yang kurang baik juga terutama pada kulit. Dokter mengatakan, berbaring di atas batu panas apalagi ketika musim panas tanpa ada persiapan yang baik akan bisa menimbulkan masalah kesihatan yang lainnya khususnya masalah yang akan timbul pada kulit kita. Panas yang ada bisa saja membuat kulit menjadi terbakar atau rusaknya jaringan kulit karena menerima panas secara terus menerus.
Oleh karena itu, para dokter telah menghimbau untuk tidak terlalu mengikuti tren yang ada sebab pada dasarnya kegiatan berbaring di atas batuan tersebut tidak ada manfaat yang jelas untuk kesehatan kita.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *