Terowongan Ini Akan Menjadi Yang Terpanjang di Indonesia

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Terowongan sepanjangan 500 meter yang membentang dari Rancakalong – Sumedang akan menjadi terowongan terpanjang di Indonesia. Terowongan ini akan menjadi rangkaian dari jalan tol yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisundawu).

Terowongan ini dibangun karena struktur lahan yang dilewati terjal dan berbukit-bukit. Pemerintah lebih memilih untuk melakukan pembuatan terowongan ketimbang membelah bukit yang akan merusak lingkungan.

Dikutip dari Liputan6.com Kepala Balai Jalan Nasional IV Kementerian Pekerjaan Umum Bambang Hartadi mengatakan Terowongan ini dibangun di seksi II tol Cisundawu, membentang dari Rancakalong-Sumedang.

Bambang juga menjelaskan pembangunan terowongan ini menggunakan teknologi tinggi dan tidak akan menggangu aktivitas lahan di atasnya.

“Terowongan ini aman dan tidak akan merusak lingkungan” tambahnya.

Tol Cisumdawu secara keseluruhan memiliki panjang 60,27 km. Proyek ini dikerjakan oleh konsorsium yang terdiri dari dari Metallurgical Corporation of China Ltd (MCC), PT Wijaya Karya (Persero), PT Nindya Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero)‎.

Pembangunan jalan tol ini terdiri dari enam seksi (ruas). Dimana dua seksi yakni Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 12,025 kilometer (km) dan Seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,35 km akan dikerjakan oleh pemerintah dengan dana loan (pinjaman) dari Tiongkok.

Adapun empat seksi lainnya yakni Seksi III Sumedang-Cimalaka (3,75 km), Seksi IV Cimalaka-Legok (7,2 km), Seksi V Legok-Ujung Jaya (15,9 km), serta Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan (4,048 km) akan ditawarkan pada investor.

Dikutip dari Kompas.com, Bambang Hartadi, Kepala balai Besar Pelaksanaan Jalan nasional (BBPJN) IV Ditjen Bina Marga Kementerian PUPERA, mengatakan Pembangunan jalan bebas hambatan ini dimulai dari seksi kedua karena pembebasan lahan yang paling siap di antara seksi lainnya.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
About Syakib 252 Articles
Suka nulis dan suka baca tapi gak suka ngedit jadi suka typo dan gak sesuai EYD tulisannya...