Terima Uang dari Sepp Blatter, Peluang Platini Jadi Presiden FIFA Dalam Bahaya

Michel Platini - Sepp Blatter
Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Peluang Michel Platini untuk menjadi presiden FIFA dalam bahaya setelah diduga menerima uang sebanyak £1.3 juta dari FIFA yang disahkan oleh Sepp Blatter.

Mantan bintang Juventus dan timnas Perancis merupakan kandidat kuat sebagai calon presiden baru FIFA, namun skandal ini membuatnya tidak lagi sebagai favorit. Pembayaran uang dalam jumlah besar tersebut terungkap saat proses penyelidikan terhadap Blatter yang secara resmi dibuka oleh jaksa Agung Swiss Michael Lauber, pekan lalu.

Pihak penyelidik menyebutnya ‘disloyal payment’ yang artinya bahwa Blatter melakukan pembayaran tersebut untuk kepentingannya pribadi ketimbang kepentingan dari FIFA. Penyelidik percaya bahwa Blatter telah tidak benar dalam menggunakan dana FIFA dengan membayarkan ke Platini.

Platini yang saat ini menjadi Presiden UEFA tidak dalam kapasitas sebagai orang yang diperiksa namun sebagai saksi menjawab bahwa uang tersebut adalah bayaran untuk pekerjaan sebagai konsultan yang dilakukannya selama durasi 1999 dan 2002 ketika ia menjadi penasihat khusus Blatter.

Jawaban Platini ini tentu menimbulkan tanda tanya besar. Mengapa butuh sembilan tahun kemudian, pada Februari 2011, saat Platini telah menjadi presiden UEFA, merupakan misteri dan menimbulkan pertanyaan serius tentang apakah ada agenda tersembunyi. Selain itu uang tersebut dibayarkan sesaat sebelum Blatter terpilih sebagai presiden FIFA untuk keempat kalinya, saat itu Platini mendadak menarik diri dari pemilihan.

Penjelasan Platini yang sulit untuk diterima siapa pun telah membuat orang meragukan kualitasnya sebagai calon Presiden FIFA. Orang dalam FIFA percaya bahwa pembayaran itu memang sulit untuk dijelaskan, logikanya jika yang memberi salah maka yang menerima juga ikut salah.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
About Aji Wibowo 104 Articles
“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.” - Pramoedya Ananta Toer

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*