Telat Perpanjang SIM Dan Konsekuensi Yang Harus Anda Ketahui

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook1Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
Telat Perpanjang SIM Dan Konsekuensi Yang Harus Anda Ketahui

Telat Perpanjang SIM Dan Konsekuensi Yang Harus Anda Ketahui

SIM atau surat izin mengemudi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kenyamanan berkendara. Dengan SIM yang ada digenggaman tangan, tentu anda akan mendapatkan hak untuk menggunakan jalan. Akan tetapi, perlu di ingat bahwa SIM harus di perpanjang setiap 5 tahun sekali, sama seperti STNK. Akan tetapi, beberapa orang mengalami telat perpanjang SIM yang tentu akan membuat mereka rugi. Beberapa akibat telat perpanjang SIM harus mereka tanggung. Nah, apa saja hal yang harus diketahui dalam bahasan ini?

Tilang polisi

Saat razia rutin yang diselenggarakan oleh polisi, tentu anda membutuhkan SIM sebagai salah satu kelengkapan berkendara sebagai salah satu kewajiban untuk menaati peraturan. Akan tetapi, jika anda telat perpanjang SIM dan terkena razia polisi, tentu anda akan mendapatkan hukuman tilang yang seharusnya tidak anda alami. SIM yang telat menjadikan SIM yang anda miliki otomatis menjadi tidak aktif atau dapat disebut sebagai illegal. Oleh karena itu, anda tetap akan terkena tilang dari petugas kepolisian jika SIM yang anda bawa sudah habis masa berlakunya.

Buat SIM baru

Kini, jika anda telat perpanjang SIM, maka salah satu resiko yang akan anda dapatkan adalah anda harus membuat SIM baru untuk mengganti SIM yang lama. Ini adalah salah satu peraturan baru yang mulai bergulir pada awal tahun 2017 ini. Tentu saja ini adalah salah satu langkah cerdas dan tegas dari pihak kepolisian untuk menertibkan beberapa oknum yang sering menyepelekan masalah pembayaran SIM yang mereka miliki. Dengan adanya peraturan yang baru ini, tentu saja anda harus bersiap dan menata waktu untuk memperpanjang SIM anda sebelum masa berlaku habis.

Cara pembayaran SIM

Mengetahui beberapa akibat telat perpanjang SIM yang dijelaskan diatas, tentu anda harus waspada jika tidak ingin mendapatkan kerugian karena sesuatu yang sepele yang hanya karena anda malas untuk membayar SIM. Sebenarnya, petugas kepolisian memudahkan anda untuk membayar SIM diwaktu yang ditentukan. Cara pertama adalah dengan hadir ke kantor polisi. Anda akan dilayani dengan baik sama seperti saat anda hendak membuat SIM yang baru, seperti beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, kini anda juga dapat membayar pajak SIM melalui SIM keliling. Ini adalah salah satu kemudahan yang diberikan oleh pihak kepolisian untuk memudahkan beberapa warga yang memiliki jarak tempuh ke kantor kepolisian yang jauh. Dengan adanya SIM keliling ini, mereka tidak perlu pergi jauh ke kantor polisi. Di sisi lain, cara pembayaran yang lain adalah dengan mendatangi cabang-cabang kantor samsat kepolisian yang ada di beberapa mall ternama di kota besar. Adanya kemudahan yang diberikan tentu dapat menjadi alasan kenapa anda tidak boleh telat perpanjang SIM lagi.

Deskripsi: Telat Perpanjang SIM tentu harus dihindari karena hal tersebut akan memberikan dampak kerugian yang tentu akan merepotkan anda sendiri.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook1Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *