Teknologi AR / Augmented Reality Sudah Ada Sejak Lama

Teknologi AR atau Augmented Reality sudah  ada Lama

Teknologi AR atau Augmented Reality sudah ada Lama

Kemunculan permaian Pokemon Go yang kemudian jadi salah satu game paling laris dan banyak dimainkan tentu ada beberap hal yang mandadi faktornya. Salah satu tentunya adalah mengenai teknologi canggih yag ada di dalam game tersebut yaitu teknologi AR atau augmented reality.

Seperti diketahui game yang paling rama saat ini Pokemon Go buatan kerjasama antara Niantic dan juga Nintendo menanamkan augmented reality atau AR yang berbasis lokasi. Dengan teknologi ini, permainan ini terasa bermain Pokemon di dunia nyata. Hal itu disebabkan karena agar bisa mengakap serta mandapat berbagai Pokemon incaran kita, para trainer atau pemain game ini mesti berkeliling.

Teknologi AR pada permainan Pokemon Go sebenarnya adalah bagian sangat kecil dari teknologi AR yang sudah dikembangkan mulai 1968 dan makin berkembang hingga saati ini. Selain dalam game tersebut, teknologi AR juga digunakan untuk banyak hal yang lebih serius seperti Google Glass,liputan atau laporan berita cuaca, sarana media edukasi, advertising dan hiburan lainnya.

Augmented Reality atau AR sendiri ialah sebuah teknologi dimana kita bisa menggabungkan hal – hal yang tidak nyata seperti gambar dengan benda atau suasana nyata sehingga hal/proyeksi gambar tersebut terlihat lebih hidup karena terintegrasi melalui proses tertentu.

Pada dasarnya terdapat dua metode yang biasa dipakai di dalam teknologi AR ini, yaitu marker based AR dengan markerless AR.

Marker based AR

Di dalam metode ini kita menggunakan AR dengan cara memindai sebuah tanda atau yang biasa kita kenal dengan sebutan marker. Kamudian nantinya marker ini pada umumnya lebih dipilih warna hitam dan juga putih sebagai ilustrasi. Lalu nantinya dengan proses komputerisasi, perangkat lunak akan mengidentifikasi letak dan juga tanda yang telah ada tadi untuk dijadikan sebuah benda dalam sebuat dunia virtual dalam bentuk 2D atau bahkan 3D.

Markerless AR

Sesuai dengan namanya, metode ini tidak lagi membutuhkan marker atau tanda sebagai proyeksi sebuah benda. Dengan metode ini kita bisa lebih luas melakukan pemindaikan pada sebuah objek. Dengan luasnya ruang lingkup yang bisa kita capai dengan metodi ini maka metodi markerless AR ini cenderung lebih banyak dipakai. Kemudian dari tekniik markerless AR ini kita bisa menggunakannya untuk hal – hal sebagai berikut;

  • Face tracking

Teknologi semacam ini sebenarnya sudah ada dan sering kita gunakan. Contohnya pada banyak kamera yang cukup mahal ada yang namanya pilihan menu ”pengenalan wajah” Dengan cara itu nantinua komputer akan bisa dengan mudah mengenali wajah sesorang dan mengabaiakn hal lain.

  • 3D tracking

Hampir sama dengan face tracking, 3D tracking juga bisa memindai benda – benda disekitar untuk kemudian bisa dibuat dalam bentuk virtual.

  • Motion tracking

Teknologi ini banyak dipakai di film – film yang membutuhkan efek apik. Pasti kita tahu ada film animasi yang mana gerakannya berasal dari manusia asli. Untuk bisa melakukan itu, mereka menggunakan motion tracking.

  • Location based

Nah untuk game Pokemon Go sendiri, teknologi AR yang dipakai adalah yang satu ini location based.

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'