Tampil Cantik Dengan Make up Sederhana dan Natural

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook2Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Bagi seorang wanita, make up adalah salah satu kebutuhan alami. Dengan make up wanita dapat menjadi lebih percaya diri dan dapat terlihat menjadi lebih cantik dan segar. Tapi hati-hati, dengan make up yang salah, perempuan dapat terlihat sebaliknya. Itu tergantung dari bagaimana cara mengaplikasikan make up, karena jika salah dalam mengapllikasikan make up efeknya akan cukup fatal. Dari mulai looks yang kurang pas dipandang hingga efek cedera pada kulit.

Cantik dalam ber-make up itu bukan harus dengan full make up yang tebal atau menor. Dengan make up sederhanapun wanita dapat terlihat cantik dan segar dan ini tergantung dari bagaimana cara mengaplikasikan make up tersebut dengan benar dan pas.

Sebenarnya cara mengaplikasikan make up bisa dilakukan dengan beberapa macam cara tergantung dengan situasi dan keperluannya, seperti make up natural, glamour, gothic dan sebagainya. Untuk kali ini tips, yang akan diberikan adalah tampil cantik dengan make up natural yang bisa digunakan sehari-hari.

Pertama-tama, biasakan terlebih dahulu membersihkan kulit wajah sebelum menggunakan make up. Jika ada dan bisa, boleh untuk mengkompres wajah dengan air dingin sesaat sebelum bermake up karena dapat membuat make up menempel lebih tahan lama. Lalu, gunakanalah pelembab yang ringan yang dapat digunakan setiap hari yang cocok dengan kulit wajah. Nah cocok dan tidak cocoknya, jenis dan merk alat make up, dapat disesuaikan dengan kondisi kulit anda.

Pakailah foundation yang ringan dan sesuai dengan warna kulit wajah. Untuk saat ini banyak sekali jenis pelembab yang sudah menyatu dengan foundation ringan, seperti BB cream ataupun CC cream. Untuk jenis kulit normal, sebaiknya menggunakan BB cream. Namun untuk kulit berminyak, lebih cocok dengan CC cream untuk hasil yang lebih natural. Sedangkan untuk merknya, tergantung dari kecocokan sensitifitas kulit masing-masing.

Untuk hasil yang natural, setelah menggunakan pelembab atau setelah menggunakan foundation, dapat langsung menggunakan bedak tabor. Bagi yang menggunakan BB cream ataupun CC cream, bedak tabur sudah tidak diperlukan lagi karena biasanya sudah menyatu dengan dua jenis cream tersebut. Untuk penggunaan bedak taburpun harus memperhatikan jenis dari bedak taburnya. Untuk kulit cenderung berminyak sebaiknya menggunakan bedak tabur yang ringan dengan hasil akhir matte agar make up tidak mudah hilang dan wajah tidak terlihat berminyak.

Setelah selesai menggunakan bagian dasar make up, saatnya memakai eye shadow dengan warna lembut dan natural. Untuk warna yang natural dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit, sebaiknya menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok, warna yang dapat digunakan adalah soft gold atau coklat muda di seluruh kelopak mata. Untuk sedikit mempertegas warna make up dapat di aplikasikan sedikit warna coklat tua/hitam di sudut mata bagian luar. Untuk hasil yang lebih natural, eye shadow dapat dioleskan dengan ujung kelingking.

Lalu, gunakan eye brow atau pinsil alis agar terlihat lebih rapi dan hidup. Tidak perlu membentuk alis secara berlebihan untuk sehari-hari, cukup dengan mengikuti garis alami alis dan sedikit penyempurnaan bentuk agar alis terlihat lebih rata. Warna yang cocok yang dapat digunakan sehari-hari adalah coklat tua.

Eyeliner dapat membantu untuk memperindah kelopak mata agar hasil akhir terlihat menjadi lebih tegas dan lebih indah. Menggunakan eyeliner tidak dapat dilakukan dengan sembarangan namun tidak juga sulit sebenarnya, hanya bagaimana memilih eyeliner yang cocok dan yang dirasa mudah untuk digunakan pada diri sendiri. Saat ini eyeliner memiliki beberapa jenis dan bentuk, seperti eyeliner pinsil yang biasa digunakan untuk pemula karena cenderung lebih mudah. Lalu ada eyeliner gel yang dapat memiliki hasil akhir yang lebih tebal namun sebaiknya digunakan untuk jenis kulit normal karena eyeliner gel tidak memiliki product yang waterproof atau oil-proof, sehingga terkadang dapat menimbulkan garis hitam di kelopak mata.

Kemudian juga eyeliner liquid, yang biasa digunakan untuk hasil akhir yang lebih tegas dan digunakan lebih lama karena biasanya waterproof atau oil-proof sehingga hasil akhirnya lebih rapih dan bersih untuk digunakan seharian. Jenis inipun memiliki berbagai bentuk kuas yang lebih variatif untuk disesuaikan dengan kebutuhannya, baik kuas tipis, tebal, kuas kaku seperti ujung pinsil ataupun seperti spidol. Namun kelemahannya adalah jika masih pemula dan salah dalam menggunakannya, untuk menghapusnya lebih sulit karena eyeliner liquid biasanya langsung kering setelah digunakan sehingga harus menggunakan eyeliner remover untuk mengkoreksinya. Yang menambah sulit adalah bahwa ini berarti dapat mempengaruhi dasar makeup dan eyeshadow yang telah digunakan. Cara menggunakannya adalah dengan menariknya dari ujung dalam garis mata hingga ke ujung luar dan untuk mendapatkan hasil natural, bisa menggunakan warna coklat tua. Tetapi untuk membuat mata terlihat lebih besar dan tegas sebaiknya menggunakan warna hitam pekat.

Lalu jepit bulu mata terlebih dahulu sebelum memakai mascara. Pakai mascara dalam satu sapuan dari bawah keatas, dengan zigzag agar mascara tidak menggumpal. Dapat diulang hingga dua kali agar bulu mata terlihat lebih tebal.

Agar wajah terlihat lebih segar, gunakan blush on dengan warna natural tipis-tipis seperti merah muda, coklat atau peach. Arahkan sapuan blush on dari tulang pipi ke bagian telinga dengan merata. Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan blush on compact atau bubuk dan hindari blush on dalam bentuk cream karena menyebabkan terlihat lebih berminyak.

Langkah terakhir untuk make up natural adalah dengan memakai lipstick. Gunakan lipstick warna natural atau satu tingkat lebih cerah dari bibir. Untuk kulit putih atau kuning langsat dapat menggunakan warna pink muda atau coklat muda. Sedangkan untuk kulit sawo matang atau lebih gelap dapat menggunakan warna peach atau orange muda.

Nah demikian beberap tips cara ber-make up yang dapat diaplikasikan sehari-hari agar tampak cantik tanpa harus berdandan secara berlebihan. Pancarkan auramu dengan make up natural yang cantik dan menawan, agar saat menjalani hari menjadi lebih bersemangat. Selamat mencoba.

Oleh: Ollivia Selagusta

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook2Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *