Sempat Dilarang, Mein Kampf Akan Diajarkan di Sekolah Jerman

Asosiasi guru Jerman mengatakan buku Mein Kampf karya Adolf Hitler yang telah diberikan penjelasan harus diajarkan bagi siswa SMA untuk mengenalkan dan membantu reamaja melawan ekstremisme politik.

Mein Kampf ditulis oleh Adolf Hitler semasa ia berada dalam penjara karena dakwaan pengkhianatan setelah gagalnya pemberontakan ‘Beer Hall’ Munich tahun 1923. Buku ini menyampaikan pandangan rasis dan anti-Semitisme. Buku ini menjadi dasar perjuangan Nazi saat Hitler meraih tampuk kekuasaan sepuluh tahun kemudian.

Setelah perang dunia ke-2 selesai buku ini dilarang dicetak oleh pemerintah Jerman. Namun penghujun tahun 2015 ini masa pelarangan cetak buku tersebut berakhir.

Institut Sejarah Komtemporer Munich berencana akan menerbitkan kembali Mein Kampf: A Critical Edition pada bulan Januari mendatang. Edisi ini akan memberikan penjelasan pada kata-kata yang dianggap kasar dan mengundang kebencian.

Sebagaimana dilaporkan oleh edisi online harian bisnis Handelsblatt, asosiasi guru mengusulkan bagian-bagian terpilih dalam buku ini harus dikenalkan pada siswa berusia 16 tahun atau lebih.

Gagasan ini ditentang oleh pemimpin komunitas Yahudi Jerman Charlotte Knobloch. Ia mengatakan mengajarkan materi dalam buku tersebut sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Sebaliknya, anggota parlemen Ernst Dieter Rossmann, mendukung usulan asosiasi guru tersebut, “Mein Kampf adalah sebuah buku yang mengerikan dan mengerikan,” katanya kepada Handelsblatt. “Untuk membuka kedok buku ini harus diajarkan melalui guru yang memiliki kualifikasi sesuai dan itu menjadi tugas pendidikan modern” ujarnya.

Dalam keadaan menngkatnya sayap kanan, maka mengajarkan nilai-nilai humanis dan prinsip demokratis sangat diperlukan, “Analisa kritis dari Mein Kampf akan memperkuat nilai-nilai perlawanan akan ajakan berbahaya dalam buku tersebut”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'