Sejarah Olympiade, Medali Emas, Bulutangkis, dan 3 Atlet Terbaik Indonesia

Sejarah Olympiade, Medali Emas, Bulutangkis, dan 3 Atlet Terbaik Indonesia

Sejarah Olympiade, Medali Emas, Bulutangkis, dan 3 Atlet Terbaik Indonesia

Bulutangkis menjadi kegemaran banyak orang saat ini. Terlebih lagi, olimpiade Rio yang diselenggarakan pada tahun 2016 ini tentu menambah rasa cinta serta penasaran terhadap salah satu cabang olahraga ini. Tahukan Anda mengenai sejarah olympiade, medali emas, bulutangkis, dan 5 atlet terbaik Indonesia?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui sejarah dari olimpiade yang mempertandingkan bulutangkis sebagai salah satu cabangnya terlebih dahulu. Olimpiade adalah suatu kompetisi internasional yang diselenggarakan dalam kurun 4 sekali yang diikuti oleh seluruh negara di penjuru dunia dengan menampilkan atlet terbaik dari masing-masing negara. Para atlet tersebut berusaha memenangkan pertandingan dan berebut medali emas, perak, maupun perunggu. Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang diikutkan perlombaan, termasuk pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Ajang tersebut mempertandingkan bulutangkis untuk pertama kalinya. Pada Olimpiade 1992 tersebut, ada sebanyak 36 negara yang mengikuti dengan junlah 177 atlet. Pada event tersebut, Indonesia berhasil meraih medali emas untuk pertama kalinya.

Sejarah Olympiade, Medali Emas, Bulutangkis, dan 3 Atlet Terbaik Indonesia Sepanjang Sejarah

  1. Taufik Hidayat

Siapa yang tak kenal Tufik Hidayat? Pria berwajah tampan kelahiran Bandung, 10 Agustus 1981 ini mendapatkan gelar pemain bulutangkis paling berbakat di sepanjang sejarah perbulutangkisan.   Keunikan yang menjadi kelebihan dari seorang Taufik hidayat adalah kelihaiannya dalam dropshot, smash silangnya, permainan net, serta backhand yang keras. Karena kelebihan ini, Taufik hidayat berhasil meraih emas selama 6 kali secara berturut-turut dari tahun 1999 sampai 2006 pada Indonesia Open. Ia juga memperoleh emas pada Olimpiade 2004, World Championships yang disenggelarakan pada tahun 2005, serta Asian Games pada tahun 2002 dan 2006.

 

  1. Tony Gunawan

Ulasan mengenai sejarah olympiade, medali emas, bulutangkis, dan 3 atlet terbaik Indonesia ini dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Tony Gunawan. Tony Gunawan mendapat julukan sebagai atlet ganda terbaik sepanjang sejarah perbulutangkisan Internasional. Dia menjadi wakil Indonesia pada awal tahun 1992 hingga 2001. Saat ini dia menjadi pelatih atlet bulutangkis di Amerika serikan mulai tahun 2001. Dengan 3 partner yang berbeda, Tony Gunawan berhasil meraih medali emas tahun 2002 pada Olimpiade Sydney. Dia juga kembali meraih medali emas di World Championship di Seville tahun 2001 serta Kejuaaraan Dunia di Anaheim tahun 2005. Dia juga berhasil memperoleh kemenangan pada gelar ganda campuran pada AS terbuka, Rico Terbuka, Taipei Terbuka, serta SCBA Classic. Dia berhasil mendapatkan 35 gelar internasional serta menang Kejuaran Dunia IBF pada tahun 2001 dan All England Open 2001.

  1. Rudi Hartono

Lahir pada 18 Agustus 1949, mantan pemain bulutangkis Indonesia ini dianggap sebagai pemain yang paling terkenal dalam sejarah perbulutangkisan sepanjang masa. Rudi Hartono berhasil meraih  juara pada All England Championship pada tahun 1968 hingga 1974. Dia juga berhasil meraih Kejuaran Dunia sebagai pemain tunggal pada tahun 1980. Selain itu, dia juga berkiprah dalam memimpin tim Piala Thomas Indonesia selama 6 kali antara 1967 hingga 1982. Tak hanya itu, dia juga membantu Indonesia untuk dapat meraih 4 kejuaraan tim dunia dari 1970 hingga 1979.

 

Demikian ulasan mengenai sejarah olympiade, medali emas, bulutangkis, dan 3 atlet terbaik Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'