Rumah Lelang Sotheby Jual Surat Mao Zedong Untuk Pemimpin Partai Buruh Clement Attlee

Salah satu komunikasi pertama antara pemimpin China Mao Zedong kepada pemimpin negara barat akan dilelang minggu ini dan diharapkan akan terjual 150 ribu Poundsterling.

Surat tertanggal 1 November 1937 tersebut ditulis oleh Mao Zedong yang kemudian dikirimkan ke pemimpin Partai Buruh Clement Attlee yang kemudian menjadi Perdana Menteri Inggris, dalam upaya mendapatkan dukungan Inggris atas invasi Jepang ke China.

Mao mengirim surat tersebut dari kota Yan’an, sebuah kota kecil di China. Ia memberitahu bahwa Partai Komunis telah membangun markas sebagai basis kekuatan dalam menghadapi invasi Jepang.

“Atas nama Partai Komunis China, dan atas nama seluruh rakyat China. Yang kini tengah melalui perjuangan hidup dan mati melawan penjajah negara mereka” petikan pembuka surat tersebut.

mao1

“Kami percaya bahwa orang-orang Inggris, ketika mereka tahu kebenaran akan agresi Jepang ke China, akan memberikan dukungan bagi orang-orang China, akan memberikan bantuan praktis dan akan memaksa pemerintah mereka sendiri akan ancaman yang akan mengancam kita bersama” tulisnya.

Mao2

Gabriel Heaton, spesialis untuk manuskrip dan buku-buku dari rumah lelang Sotheby, mengatakan upaya Mao untuk memperoleh dukungan Inggris terhadap Jepang adalah sebuah contoh luar biasa dalam diplomasi internasional.

“Dan ini merupakan contoh yang sangat langka dari tanda tangan Mao” ujarnya.

“Ini adalah dokumen kedua bertanda tangan Mao yang muncul di pasar internasional dalam dekade terakhir” tambah Heaton.

Surat ini diharapkan akan terjual antara 100 ribu Poundsterling hingga 150 ribu Poundsterling. (independent)

Syakib

Syakib

Suka nulis dan suka baca tapi gak suka ngedit jadi suka typo dan gak sesuai EYD tulisannya...
Syakib

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'