RESMI: Real Madrid Pecat Benitez, Tunjuk Zidane Sebagai Penggantinya

Usai sudah kiprah Rafael Benitez menangani Real Madrid, setelah presiden klub Florentino Perez mengumumkannya pada Selasa (5/1) dinihari tadi.

Rafa Benitez

Dalam sebuah konferensi pers tanpa tanya jawab tersebut, Perez juga menunjuk legenda klub Zinedine Zidane sebagai pelatih El Real yang baru. Zidane menjadi pelatih berkebangsaan Perancis pertama sepanjang sejarah yang membesut Real Madrid.

Benitez diberhentikan dari jabatannya hanya tujuh bulan setelah menggantikan posisi Carlo Ancelotti. Ketidakharmonisan hubungan mantan pelatih Liverpool ini dengan para pemain bintang ditengarai sebagai salah satu sebab dilengserkannya.

Di tangan Benitez, Madrid terpaku di peringkat ketiga klasemen sementara La Liga. Meski lolos ke fase knockout Liga Champions, Madrid tersingkir di ajang Copa del Rey dengan cara memalukan, didiskualifikasi karena memainkan pemain yang sedang menjalani skorsing. Madrid juga kalah telak 4-0 di duel El Clasico yang digelar di kandangnya, Estadio Santiago Bernabeu.

“Saya di sini untuk mengumumkan bahwa Dewan Klub telah memutuskan, keputusan yang sulit, terutama untuk saya, untuk mengakhiri kontrak kami dengan Rafa Benitez sebagai pelatih. Saya ingin menjelaskan bahwa dia seorang profesional yang hebat dan orang yang sangat menakjubkan. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dedikasinya selama beberapa bulan terakhir ini,” kata Perez pada konferensi pers yang digelar seusai rapat darurat Dewan Klub.

“Saya juga ingin mengumumkan bahwa pelatih baru tim adalah Zinedine Zidane, yang sudah tidak diragukan lagi, salah satu tokoh terbesar dalam sepak bola. Dia tahu apa artinya menjadi bagian dari skuat ini, dan bagaimanapun sulit serta rumitnya itu, dia akan menjadi pelatih Real Madrid,” lanjutnya.

zidane-perez-ascom-660x330

Zidane sebelumnya menjadi asisten pelatih Ancelotti saat meraih La Decima (juara Liga Champions ke-10), lalu menangani Real Madrid Castilla hingga mendapatkan sertifikasi kepelatihan UEFA Pro Licence. Tidak disebutkan berapa durasi kontrak Zidane sebagai pelatih tim utama Madrid.

Aji Wibowo

Aji Wibowo

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.” - Pramoedya Ananta Toer
Aji Wibowo

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'