Pura Tamba Waras, Gudang Farmasinya Jagad Raya

Pura Tamba Waras, Gudang Farmasinya Jagad Raya

Pura Tamba Waras, Gudang Farmasinya Jagad Raya

Terletak di lereng sebelah selatan Gunung Batukaru, di Tabanan Bali. Pura Tamba Waras kabarnya merupakan gudangnya obat – obatan. Menurut I Nyoman Widana, Humas Pura Tamba Waras, sampai saat ini sudah lebih dari 40 jenis obat yang dibuat di Pura ini. Obat obat yang diracik berbahan dasar dari tanaman dan buah yang didapat di sekitar pura.

Sejarah Pura Tamba Waras, adalah saat cokorda tabanan yang merupakan raja tabanan pada masa itu sakit keras. Abdi dalem kerajaan mendapatkan petunjuk gaib, mereka pun menuju ke hutan gunung batukaru mengikuti petunjuk yang ia dapatkan tadi. Kemudian Abdi kerajaan tersebut mendapati kelapa berasap di sebuah rumpun bambu. Kemudian ia mendapatkan obat untuk rajanya. Al kisah sang raja sembuh dari sakit kerasnya.

Lokasi Pura Tamba Waras

Pura Luhur Tamba Warsa dibangun pada abad ke-12, di sebuah Desa bernama Sangketan, Penebel, Tabanan. Pura ini terletak di ketinggian sekitar 725 meter dari permukaan laut. Pura luhur tamba waras sekelilingnya adalah hutan cagar alam yang tumbuh secara alami dan sa gat rindang sehingga pura ini sangat menyejukan. Banyaknya tumbuhan di sekitar pura ini membuat banyak tanaman yang bisa dijadikan obat.

Dengan banyaknya Obat yang dihasilkan dari pura ini, Pura luhur Tamba Waras digelari Apotik Niskala. Niskala menurut KBBI berarti tidak berwujud; tidak berbeda; mujarad; abstrak

Pura Luhur Tamba Waras Juga Tempat Meminta Jodoh

Tak hanya sebagai tempat untuk mencari obat yang peroleh dari ramuan alam sekitar, Pura luhur Tamba Waras juga banyak yang meminta Jodoh dan juga keturunan. Dikutip dari Radar Bali, Selain tempat memohon obat. Pura Tamba Waras ternyata juga menjadi junjungan banyak pemedek untuk memohon sesuatu, dan yang paling dikenal masyarakat yakni sebagai tempat untuk memohon jodoh dan keturunan.

Siapa yang pernah mampir ke Pura Tamba Waras?

Photo ElinkBaliNews.com

Dicari dengan kata kunci:

  • apotik niskala
Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'