Prosedur Lengkap Bagaimana Mengurus SIM Kendaraan

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan salah satu surat berharga yang penting untuk dimiliki bagi para pengendara kendaraan bermotor. SIM ini sendiri dibedakan menjadi SIM A, Sim B, SIM C dan yang terbaru adalah SIM D khusus untuk pengendara dengan disabilitas di mana kendaraan telah dimodifikasi sedemikian rupa agar tetap bisa dikemudikan. Untuk memiliki SIM sendiri ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Batasan usia minimal untuk memiliki SIM adalah 17 tahun. Beberapa dokumen lain yang harus dipenuhi adalah pas foto, fotokopi KTP, surat keterangan sehat jasmani serta rohani dari dokter. Tata cara mengurus SIM adalah sebagai berikut.

Prosedur Lengkap Bagaimana Mengurus SIM Kendaraan

Prosedur Lengkap Bagaimana Mengurus SIM Kendaraan

  1. Pertama pemohon harus mengisi formulir permohonan dengan disertai fotokopi KTP serta pas foto. Lampirkan pula persyaratan dokumen lain yang dibutuhkan dengan sepuluh sidik jari, tanda tangan dan foto diri pemohon.
  2. Pemohon harus mengikuti ujian yaitu ujian teori terlebih dahulu. Apabila lulus, maka pemohon berhak untuk mengikuti ujian selanjutnya yaitu ujian praktek. Jika tidak lulus, maka pemohon bisa kembali untuk mengikuti ujian teori dalam tenggang waktu tujuh, empat belas serta tiga puluh hari.
  3. Jika lulus ujian praktek, barulah pemohon mendapat panggilan untuk membuat SIM. Namun jika ujian praktek ini gagal, pemohon bisa mengulang dalam jarak waktu tujuh, empat belas dan tiga puluh hari.
  4. Pemohon yang lulus ujian praktek akan langsung menuju tahap cetak SIM.
  5. Biaya pembuatan SIM untuk SIM A dan SIM B adalah sebesar seratus dua puluh ribu rupiah dan untuk perpanjangannya sebesar delapan puluh ribu rupiah. Biaya pembuatan SIM C sebesar seratus ribu rupiah dan biaya perpanjangannya sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Sementara untuk biaya SKUKP yang dikenakan ialah sebesar lima puluh ribu rupiah.
  6. SIM dinyatakan tidak berlaku apabila memang sudah habis masa berlakunya, rusak, digunakan oleh orang lain, diperoleh melalui cara yang tidak sah serta terdapat data di dalam SIM yang berubah.

 

Untuk perpanjangan SIM, yang diperlukan antara lain adalah permohonan tertulis, KTP sah, surat keterangan sehat dari dokter, SIM asli untuk diperpanjang, asuransi serta biaya administrasi untuk perpanjangan SIM. Perlu untuk diperhatikan untuk segera membuat SIM atau memperpanjangnya apabila memang sudah habis masa berlaku. Ini karena pentingnya SIM yang menandakan bahwa seseorang memang memiliki kemampuan serta pengalaman dalam mengemudikan kendaraannya. SIM juga menjadi identitas pengendara saat berkendara di jalan dan salah satu fungsinya adalah agar terhindar dari tilang polisi. Kini telah banyak calo pembuatan SIM yang memasang tarif sangat tinggi. Padahal, biaya pembuatan SIM adalah seperti yang tercantum di atas, tidak kurang dan tidak lebih.

Dicari dengan kata kunci:

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *