Pentingnya Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Tetap aktif bergerak merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan. Sebaik apapun pola makannya, tanpa melakukan aktivitas fisik, tubuh akan mengalami gangguan. Mulai dari penyakit ringan sampai berat. Aktivitas fisik yang dimaksud di sini tidak melulu berolahraga di lapangan seperti bermain bulutangkis, sepak bola ataupun bola voli. Meluangkan waktu selama 30 menit untuk berjalan kaki setiap hari sebenarnya cukup membantu. Berjalan kaki? Ya, hanya membiasakan kaki untuk berjalan akan membantu tubuh terhidanr dari penyakit seperti serangan jantung dan gangguan pada tulang.

Pentingnya Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Pentingnya Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Kebiasaan serba instan di masa kini membuat sebagian dari kita malas untuk berjalan kaki. Bahkan untuk membeli makanan di warung berjarak 500 meter harus mengendarai sepeda motor. Berbanding terbalik dengan kebiasaan berjalan kaki ini di luar negeri. Mereka mulai menyadari pentingnya memberi kesempatan pada kaki untuk bergerak. Tapi, apa saja keuntungan berjalan kaki selama 30 menit? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Otot kaki lebih kencang

Siapa yang tidak ingin memiliki kaki jenjang dan indah? Mungkin pemandangan seperti ini bisa didapatkan di usia muda. Namun apa yang terjadi saat memasuki usia 30-an? Kaki tampak mengendur. Hanya dengan berjalan kaki 30 menit, otot paha serta kaki akan menjadi lebih kencang dan tentunya semakin kuat.

  1. Memperbaiki pencernaan

Penyebab penderita obesitas bukan terletak pada kebiasaan makan yang berlebih, tetapi juga minimnya aktivitas fisik. Hindari bermalas-malasan setelah mengonsumsi makanan berat. Berjalan kaki mampu menjaga kadar gula darah tetap dalam ambang batas dan membantu proses pencernaan. Nah, mulai sekarang jangan langsung duduk menonton TV dalam waktu lama sehabis menyantap makanan berat.

  1. Lebih tenang

Perasaan tenang ternyata salah satu kunci hidup sehat. Daripada menahan emosi akibat perjalanan menuju kantor yang selalu macet setiap pagi, alangkah baiknya menggunakan alat transportasi umum dan mencuri waktu untuk berjalan selama 30 menit. Meskipun berjalan di daerah padat kendaraan, berjalan masih saja memberikan rasa rileks.

  1. Meningkatkan kreativitas

Tidak sedikit para seniman yang menemukan ide di sela-sela kegiatan seharinya. Hal ini bukan sesuatu yang mengejutkan karena ide dapat muncul dari mana saja. Begitu pula saat menikmati waktu berjalan kaki, kreativitas kita akan meningkat.

  1. Membakar 150 kalori

Sebenarnya, olahraga apapun yang dilakukan, kalori akan terbakar secara otomatis. Tetapi siapa yang tidak mau membakar kalori dalam waktu singkat? Jalan kaki adalah jawabannya. Meskipun ritme berjalan dan berat badan mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar, namun setidaknya 150 kalori telah hilang dari tubuh.

  1. Mengurangi varises

Varises merupakan pemandangan mengerikan bagi seorang wanita. Sebuah studi dari Cleveland Clinic, berjalan kaki secara rutin mampu mengurangi tonjolan varises dan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *