Panel Surya, Solusi Terbaik Listrik Masa Depan

Panel Surya, Solusi Terbaik Listrik Masa Depan

Panel Surya, Solusi Terbaik Listrik Masa Depan

Panel surya sudah mulai sering didengar oleh khalayak umum. Apa itu panel surya? Panel surya adalah alat yang terdiri atas sel surya yang berfungsi mengubah energi cayaha menjadi energi listrik. Alat ini biasa digunakan untuk lampu atau penerangan di tepi-tepi jalan raya. Disebut surya karena alat ini menggunakan cahaya matahari sebagai sumber utama. Matahari merupakan sumber cahaya paling kuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya juga sering disebut sel photovoltaic (cahaya listrik). Sel surya atau sel photovoltaic (PV) bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energy panas yang berasal dari matahari dan energy panas tersebut terserap pada dua lapisan bermuatan yang berlawanan.

Sebuah sel surya adalah atau sel PV atau juga disebut sel fotolistrik adalah solid state perangkat yang mengubah cahaya langsung menjadi energi listrik oleh efek photovoltaic. Sementara sel digunakan untuk membuat modul surya. Modul surya ini berguna untuk menangkap energi dari sinar matahari. Energi yang telah dihasilkan oleh modul surya disebut sebagai tenaga surya.

Bahan-bahan yang ada di dalam sel yaitu kristal silikon; silicon monocristalline; poli atau silikon multicrystalline; silicon ribbon; film tipis; tembaga-indium selenide; cadmium telluride solar sel; gallium arsenide multijunction; cahaya penyerap pewarna (DSSC); dan organik/sel surya polimer.

Kelebihan atau keunggulan dari panel surya adalah sebagai berikut.

  1. Alat ini tidak memerlukan bahan bakar apapun. Matahari merupakan sumber cahaya yang tidak berbayar dan tidak akan habis sehingga kita bisa menggunakannya di manapun.

 

  1. Dapat dipasang di manapun.

Panel surya dapat dipasang di manapun, bahkan di daerah-daerah terpencil karena alat ini tidak memerlukan transmisi energi maupun transortasi sumber energi. Selain itu, panel surya juga dapat dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Dapat dipasang secara sentralisasi maupun desentraslisasi

Sentralisasi yaitu PLTS ditetapkan di suatu area dan listrik yang dihasilkan disalurkan melalui jaringan distribusi ke tempat-tempat yang membutuhkan. Sementara desentralisasi yaitu setiap sistem berdiri sendiri (individual) tanpa ada lagi distribusi jaringan.

  1. Bersifat moduler

Makusdnya kapasitas dan banyaknya jumlah listrik nantinya bisa diatur dan dikelola melalui rangkaian moduler. Rangkaian yang bisa digunakan juga bisa rangkaian parallel ataupun seri

  1. Dapat dioperasikan secara otomatis ataupun menggunakan operasi.
  2. Tidak ada suara sehingga tidak menimbulkan operasi lingkungan.

Sebuah teknologi tidak dapat lepas dari adanya kekurangan atau kelemahan. Kelemahan dari teknologi panel surya adalah sebagai berikut.

  1. Pengembangannya butuh investasi yang besar

Pengembangan solar sel masih membutuhkan investasi yang besar. Beberapa komponen yang ada di dalamnya seperti aki sampai lampu LED masih didatangkan dari luar negeri.

  1. Harga PLTS didominasi oleh panel surya yang mahal

Struktur biaya PLTS didominasi oleh panel surya yang mahal. Jika kita ingin energy listrik yang besar maka kita harus bisa menyiapkan panel surya yang besar pula.

  1. Tidak efisien jika dikembangka di daerah berpolusi

Daerah berpolusi berefek pada sedikitnya intensitas cahaya yang masuk, sehingga panel surya tidak akan bekerja secara optimal.

 

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'