Novelis Umberto Eco Meninggal Dunia Pada Usia 84 Tahun

Novelis dan intelektual Italia, Umberto Eco meninggal dunia pada usia 84 tahun. Eco yang dikenal pada tahun 1980 untuk karya The Name of The Rose merupakan salah satu nama yang dihormati dalam sastra dunia.

Eco yang menderita penyakit kanker, meinggal pada Jumat (19/2) malam. Pria yang juga mengajar semiotika di Universitas Bologna ini mengatakan menulis novel hanyalah pekerjaan paruh waktu.

“Saya seorang filsuf dan hanya menulis novel pada akhir pekan” ujarnya dalam satu kesempatan.

The Name of The Rose merupakan novel Eco yang pertama kali dikenal dunia tetapi dia telah banyak menerbitkan karya-karya selama 20 tahun sebelumnya.

Meninggalnya Eco meninggalkan duka mendalam bagi Italia. Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi mengatakan, “Dia adalah contoh yang luar biasa dari intelektual Eropa. Kecerdasan tunggal dengan kemampuan tak kenal lelah untuk mengantisipasi masa depan” ujar Renzi dikutip dari The Guardian.

“Ini kehilangan besar bagi dunia sastra dan budaya yang akan kehilangan tulisan dan suaranya, pikiran yang tajam dan jelas serta pandangannya yang jernih akan kemanusiaan” ujar Renzi.

Eco memiliki pendekatan unik saat menulis. Dalam sebuah wawancara ia mengatakan, “Saya tidak tahu apa yang pembaca harapkan dari tulisan saya. Saya berpikir penulis harus menulis apa yang tidak diharapkan pembaca. Masalahnya bukan meminta apa yang mereka butuhkan, tetapi menulis untuk mengubah mereka”

Eco lahir di Alessandria, di wilyah Italia utara. Ia mengembangkan minat dalam filsafat abad pertengahan dan mempelajarinya di Universitas Turin pada 1950-an.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'