Mulai Februari Kantong Plastik Kena Biaya Tambahan

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook10Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

A woman walks with a plastic bag in  Sacramento, Calif.,  on Wednesday, May 14, 2014.   A bill to make California the first in the nation to impose a statewide ban on plastic bags at certain retailers passed a key legislative committee on Wednesday, but the legislation faces staunch opposition from bag manufacturers working to stem a flood of local bans meant to end clutter in landfills and beaches. (AP Photo)

Bagi Anda yang kerap berbelanja di supermarket bersiaplah untuk mengeluarkan uang tambahan atas kantong plastik yang digunakan mengemas barang belanjaan Anda. Sejumlah supermarket dan retail akan mengenakan biaya tambahan atas setiap kantong plastik yang digunakan mulai bulan Februari nanti.

Kebijakan ini dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengurangi sampah plastik yang tersebar di Indonesia. Indonesia menjadi negara kedua penghasil sampah plastik ke laut setelah Tiongkok. Total sebanyak 5,4 juta ton sampah plastik dihasilkan Indonesia setiap tahunnya.

Kebijakan kantong plastik berbayar ini nantinya akan diresmikan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari. Adapun kota-kota yang akan menerapkan kebijakan ini diantaranya DKI Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, dan Jayapura.

“Kami ingin seluruh Indonesia seperti itu. Plastik berbayar di 17 kota akan efektif pada tahun ini. Kami masih menghitung harga plastik yang dibayar di tiap kota. Kami baru akan mengundang peritel, karena di beberapa tempat sudah ada yang menerapkan dan akan dilihat pengalamannya seperti apa,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian LHK Tuti Hendrawati Mintarsih dikutip dari Beritasatu.com.

Adapun untuk perhitungan berapa rupiah yang harus dikeluarkan oleh konsumen atas setiap kantong plastik hal tersebut belum diputuskan.

“Di Hong Kong, Inggris, dan Amsterdam bayar sekitar 50 sen,” tambah Tuti.

Tuti mengajak kepada konsumen untuk bertanggung jawab kepada lingkungan dengan memanfaatkan tas dari rumah saat berbelanja.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook10Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *