MotoGP 2017 di Sentul Atau Palembang?

Upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggara MotoGP 2017 hampir menjadi kenyataan. Kemarin, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melakukan penandatanganan letter of intent (LOI) dengan pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sport.

Dikutip dari SINDOnews, pemerintah membutuhkan sekitar 150 Milliar untuk biaya renovasi Sirkuit Sentul supaya memenuhi syarat untuk gelaran MotoGP yang diajukan Dorna dan FIM (Federation Internationale de Motocyclisme). Namun menurut Gatot S Dewa Broto Pemerintah hanya mempunyai anggaran Rp5 miliar untuk renovasi sirkuit.

Pemerintah dan pengelola sirkuit sentul berencana menggandeng sponsor untuk ikut mendanai renovasi sirkuit tersebut. Kabarnya renovasi Sentul akan dimulai bertahap dari april 2016 – 2017. Kandidat terkuat yang bakal jadi arsitek renovasi sirkuit sentul adalah Hermann Tilke, ia juga merupakan orang yang mendesain sirkuit untuk balapan MotoGP dan Formula 1.

143468219310867817538
Palembang pesaing sentul.
Dikutip dari Okezone Rabu (18/11/2015), Palembang siap membuat sejarah baru bagi olahraga otomotif Tanah Air dengan akan dibangunnya sirkuit bertaraf Grand Prix. Sang Gubernur sendiri mengaku mendapatkan tawaran dari organisasi MotoGP untuk membangun sirkuit di Sumsel.

Sang Gubernur Alex Noerdin mengklaim, pembicaraan tahap awal untuk pembangunan sirkuit sudah dilewati. Selanjutnya dalam waktu dua tahun ke depan ditargetkan sirkuit yang akan menjadi salah satu lintasan balapan premier class itu akan rampung.

“Jadi, Insya Allah MotoGP dua tahun lagi ada di Palembang. Kita siapkan lahan, mereka yang membangun. Ya, karena kita tidak punya uang, jadi sistem nya BOT (Built, Operate, Transfer),” ujar Alex.

Menurut Urbaners, sirkuit mana yang layak selenggarakan motoGP?

Dicari dengan kata kunci:

  • pembangunan palembang terbaru
  • desain sirkuit sentul direnovasi
  • sirkuit motogp palembang
  • sudah dimulai sirkuit dipalembang
Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'