MiniFootbal Indonesia: Bangkitkan Kembali Gairah Sepak Bola Indonesia

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Minggu, 7 Februari 2016. Matahari sudah meninggi di Sabnani Park yang terletak di kawasan Tangerang Selatan. Di lapangan sepak bola mini itu, dua tim saling adu kuat. Yang menarik, keduanya hanya diperkuat masing-masing 6 pemain dan semuanya adalah wanita.

Ya, sepak bola wanita mulai menunjukkan gairahnya. Laga persahabatan yang diinisiasi oleh Federasi Sepak bola Mini Indonesia (FSMI) tersebut berlangsung menarik. Tim Garda Siliwangi yang berasal dari Sukabumi Jawa barat menjajal kekuatan Indonesia Women Selection  yang berintikan para mantan pemain nasional sepak bola wanita.

Format 6 vs 6 yang ditawarkan di laga tersebut, membuat tempo permainan relatif cepat. Tanpa diduga mereka menunjukkan bahwa wanita Indonesia bisa memainkan si kulit bulat, bahkan para pemain yang rata berusia belasan tahun itu mampu menunjukkan kerja sama tim yang baik. Akhirnya dengan pengalaman yang dimiliki, tim Indonesia Woman Selection berhasil mengalahkan Garda Siliwangi dengan skor 3-1 dalam pertandingan yang berlangsung selama 2 x 30 menit itu.

FSMI

Usai pertandingan minifootball wanita itu, Federasi Sepak bola Mini Indonesia (FSMI)  atau yang juga dikenal dengan Indonesia Minifootbal Federation (IMF) mendeklarasikan diri di depan publik.

 

“Organisasi ini akan mengenalkan sekaligus memassalkan permainan sepak bola yang energik dan taktis. FSMI atau IMF akan berafiliasi dengan dua badan dunia yaitu World Minifootball Federation (WMF) serta Asian Minifootball Confederation  (AMC),” ucap Andibachtiar Yusuf, Presiden FSMI.

Regulasi permainan minifootball ini merupakan gabungan dari sepak bola konvensional dan futsal. Minifootbal merupakan bagian dari pelatihan sepak bola terutama untuk usia muda. Di Indonesia, permainan ini sudah mulai berkembang selama dua tahun terakhir. Salah satu yang secara konsisten memutar kompetisinya adalah Indonesia Minifootball League (IML), ajang yang diikuti tim amatir itu dilaksanakan di Sabnani Park dengan sistem kompetisi penuh.

Final Fanatik IML-Sabor Latino Vs Diklat Pakujaya 7 feb 2016 (8)

Final Fanatik IML-Sabor Latino Vs Diklat Pakujaya 7 feb 2016 (8)

Untuk musim 2015-2016, partai puncak menjadi milik Sabor Latino dan Diklat Pakujaya. Pertandingan kedua tim berlangsung sangat ketat dan menegangkan. Sabor Latino yang diperkuat sejumlah warga negara asing, menjadi unggulan. Namun, tanpa disangka Diklat Pakujaya berhasil menggedor pertahanan Sabor sepanjang laga. Diklat PakuJaya bahkan berhasil unggul 4-1 hingga pertengahan babak kedua.

Sayangnya., 10 menit terakhir sebelum laga usai Sabor Latino berhasil menyusul dan menyamakan skor menjadi 4-4. Pertandingan terpaksa dibawa ke babak perpanjangan waktu 2 x 7 menit. Pada masa krusial ini, Sabor Latino berhasil menjaga momentum dan menang 6-4.

Tidak hanya menjadi yang terbaik, Sabor juga menempatkan kapten mereka Alberto Castellani menjadi top skorer dengan raihan 52 gol sepanjang musim.

Selain dua pertandingan di atas, satu lagi laga yang tak kalah menarik yaitu IML All Star kontra MSG All Star. Pertadingan ini bisa disebut sebagai soft launching dari tim nasional minifootball Indonesia, karena IML All Star terdiri dari para pemain pilihan yang berlaga di kompetisi IML 2015-2016. Menghadapi MSG All Star  yang diperkuat beberapa pemain nasional seperti Yongki Aribowo, Dolly Gultom, dan Ryuji Utomo, IML All Star bermain spartan dan agresif. Pasukan Coach Hijrah menunjukkan potensi terbaiknya dengan terus mengirimkan bahaya ke tembok yang digalang Ryuji Utomo. Penonton tak menyangka, Kevin cs mampu mengimbangi  aksi Yongki dan Dolly Gultom.

Namun, pengalaman juga yang berbicara, MSG All Star mampu meredam tim masa depan minifootball Indonesia dengan skor 4-1. Terlepas dari hasil-hasil pertandingan yang mencolok, minifootball memberikan gairah baru pagi pencinta bola sepak negeri ini.

Bring The Spirit !!!

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *