Mesin Enigma Nazi Terjual $ 365.000 Untuk Pecahkan Rekor Dunia

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Sebuah mesin Enigma langka milik Nazi dan masih berfungsi penuh terjual dengan harga $365,000 di rumah lelang Bonhams, New York. Angka ini memecahkan rekor penjualan mesin enigma sebelumnya yang terjual $269,000 pada bulan April lalu.

Dilaporkan laman theguardian.com, seorang juru bicara untuk Bonhams mengatakan Pembeli pada penjualan Rabu diidentifikasi hanya sebagai kolektor pribadi. Mesin ini digunakan pada kapal selam angkatan laut Jerman yang dikenal dengan U-boat.

Mesin Enigma bertipe M4 ini dibuat berdasar perintah Admiral Jerman Karl Dönitz karena kekhawatiran mesin sebelumnya berhasil dipecahkan menyusul tertangkapnya kapal U-boat di Agustus 1941.

Enigma jenis ini diperkirakan salah satu dari sekitar 150 unit yang bertahan dari perkiraan 1.500 mesin yang dibuat Nazi dalam perang menghadapi sekutu.

Enigma merupakan mesin yang dibuat oleh Nazi kode perintah penyerangan dari markas NAZI berikut lalu lintas tentara Jerman. Setiap hari kode yang dikirim mesin Enigma berbeda.

Rumitnya cara kerja dan memecahkan kode Enigma terekan dalam film The Imitation Game yang mengisahkan upaya ahli matematika Alan Turing dalam memecahkan kode tersebut bagi tentara sekutu.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *