Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

menjaga kesehatan mata

Tubuh manusia terdiri atas banyak bagian, baik bagian dalam maupun bagian luar. Bagian atau organ tubuh memiliki fungsi masing-masing yang penting. Salah satu organ yang penting adalah mata. Mata merupakan salah satu indra yang digunakan untuk melihat. Dengan adanya organ mata, manusia dapat melihat apa yang ada di hadapannya berupa pemandangan yang indah, hewan, tumbuhan, orang lain, warna, dan lain sebagaianya. Begitu pentingnya mata bagi manusia, maka tak salah jika kita harus senantiasa menjaga mata agar terhidar dari gangguan atau penyakit mata.

Penyakit mata banyak macamnya seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi, dan lain-lain. Penyebab dari penyakit mata jug abanyak macamnya. Bisa jadi karena terlalu sering menatap layar monitor/tablet/handphone atau sering membaca buku dengan posisi yang kurang sesuai. Untuk menjaga kesehatan mata kita dapat melakukan beberapa hal berikut.

  1. Memperhatikan Cara Membaca Buku

Membaca buku merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang. Jarak ideal mata dengan buku yang dibaca adalah 30 cm. Hal tersebut dapat mencegah dari penyakit mata miopi atau rabun jauh. Membaca buku juga jangan dalam keadaan tiduran, karena posisi seperti itu akan mengganggu kesehatan mata kita. Selain itu, saat membaca buku gunakanlah penerangan yang cukup. Pencahayaan yang kurang (redup) dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

  1. Memperhatikan Jarak Pandang Monitor/TV

Monitor laptop, handphone, atau tablet dan televisi sering dilihat oleh banyak orang khususnya anak-anak. Jarak ideal antara mata ke layar yaitu sekitar 50-100 cm.

 

  1. Hindari Mengucek Mata

Usahakan hindari mengucek mata dengan tangan. Kita tidak tahu apakah tangan kita bersih atau kotor. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan banyak benda di sekitar. Hampir dipastikan ada kuman atau kotoran yang tak terlihat di tangan. Apabila kita mengucek mata dengan tangan seperti itu maka akan berpotensi menyebabkan mata terinfeksi dan berakibat buruk pada mata.

  1. Istirahatkan Mata

Mengistirahtkan mata dari aktivitas dapat membuat mata lebih segar nantinya. Janga terlalu memaksakan kehendak. jika mata sudah terasa lelah, maka istirahatkanlah mata kita.

  1. Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang baik untuk mata, khususnya vitamin A. Buah atau sayur-sayur yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel dan pepaya. Selain vitamin A, di dalam wortel juga terdapat betakaroten yang merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

  1. Melatih Mata

Mata juga dapat dilatih atau olahraga otot-otot mata agar sehat dan segar. Latihan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memfokuskan pandangan mata. Cobalah dengan memfokuskan mata kepada benda yang ada di dekat kita, kemudian selanjutnya benda yang agak jauh. Ulangi sampai beberapa kali.

  1. Tidak Merokok

Selain berbahaya untuk kesehatan jantung dan paru-paru, rokok juga tidak sehat untuk mata. Kandungan yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan penyakit mata seperti katarak dan menganggu saraf optik yang ada di dalam mata.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. sebelum terlambat, maka jaga mata dengan baik karena mata adalah ‘investasi’ yang telah diberikan Tuhan kepada manusia. Mencegah lebih baik daripada mengobati J.

 

Dicari dengan kata kunci:

  • bagaimana cara menjaga mata agar tidak rusak akibat pengaruh cahaya
Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'