Menilik perbandingan 3G dan 4G

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

 

Menilik perbandingan 3G dan 4G

Menilik perbandingan 3G dan 4G

 

Teknologi makin waktu makin maju. Bahkan banyak orang yang tidak mau dikatakan sebagai orang yang ketinggalan teknologi. Seperti halnya dengan jaringan internet. Mulai dari jaringan internet yang maih sederhana sampai kemudian muncul teknologi yang lebih bagus dan canggih. Misalnya  teknologi jaringan 4G, ketika 4G mulai hadir di Indonesia, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk beralih dari 3G ke 4G.

Bukan hanya masyarakat atau khalayak ramai, tetapi sudah hampir dipastikan bahwa produsen telepon pintar atau smartphne juga akan berbondong-bondong untuk memproduksi smartphone dengan dilengkapi teknologi 4G.

3G yang merupakan singkatan dari 3rd Generation (generasi ketiga) sudah termasuk canggih dalam dunia perteknologian khususnya di jaringan internet. Jaringan 4G merupakan singkatan dari 4th Generation (generasi keempat). Itu artinya, 4G adalah teknologi lanjutan dari 3G.

Jaringan 3G adalah jaringan yang digunakan pada teknologi komunikasi pada smartphone untuk  berkomunikasi melalui pesan, suara, gambar yang disambungkan pada internet. Penggunaan data pada teknologi ini menjadi prioritas  yang ketiga. Hal tersebut mengacu pada telepon genggam yang beredar di pasaran saat teknologi ini muncul. Seiring dengan perkembangan zaman, konsumsi data internet melalui 3G mulai meningkat, tetapi penerapan secara teknisnya jaringan ini lebih mengutamakan layanan melalui telepon atau pesan tanpa lewat internet.

Sementara 4G menekankan pada penggunaan jaringan internet yang lebih cepat (transmisi data lebih cepat, intervensi rendah, dan penggunaan frekuensi lebih efisien.

Berikut secara khusus perbedaan teknologi 3G dengan 4G

  1. Penggunaan teknologi 3G VS 4G

Dilihat dari sisi penggunaan, teknologi 3G masih lebih banyak digunakan daripada 4G, khususnya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, penggunaan teknologi jaringan 4G masih banyak atau terpusat di beberapa kota besar. Untuk di daerah-daerah masih 3G, atau bahkan di pelosok-pelosok masih baru digalakan tentang jaringan internet. Dengan seperti itu, teknologi jaringan 4G masih dinikmati oleh kalangan masyarakat tertentu di Indonesia.

  1. Kecepatan 3G VS 4G

Kecepatan 4G lebih bagus daripada 3G, artinya 4G lebih cepat dari 3G. Hal tersebut sebenarnya dapat dilihat dari kepanjangan masing-masing, 3G untuk generasi ketiga dan 4G utuk genarasi keempat. Kecepatan 3G adalah sekitar 14Mbps downlink dan uplink 5,8Mbps. Sementara untuk mencapai teknologi 4G, kecepatan yang dimiliki 100 Mbps untuk pengguna mobile dan 1Gbps untuk pengguna stationer. Selain cepat, teknologi jaringan 4G juga sudah lebih stabil daripada 3G.

  1. Jaringan Paket Switching

Jaringan 3G merupakan jaringan campuran antara sirkuit dengan paket switching. Sedangan jaringan 4G hanya menggunakan paket switching.

Selain beberapa perbedaan tersebut, kalau dilihat secara harga maka produk smartphone yang sudah menggunakan teknologi jaringan 4G akan lebih mahal harganya daripada smartphone yang masih menggunakan teknologi jaringan 4G.

 

Dicari dengan kata kunci:

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *