Mengenal Webmail

Mengenal Webmail

Mengenal Webmail

Webmail merupakan jasa e-mail (electronic mail) yang dapat dibuat dengan berbasis web. Artinya, e-mail yang telah dibuat kemudian dapat diakses melalui web. Beberapa jasa webmail yang populer atau biasa digunakan oleh banyak orang antara lain seperti gmail, yahoo! Mail, hotmail, dan AOL.

Pendapat yang sepadan terkait webmail yaitu aplikasi khusus yang disediakan oleh penyedia jasa layanan e-mail untuk mengakses e-mail melalui browser, seperto mozila firefox, internet explorer, google chrome, opera, dan lain sebagainya.

Jasa wembail yang pertama dan cukup berhasil yaitu hotmail. Hotmail diluncurkan pada tahun 1997 dan banyak digunakan oleh beberapa orang. Kemudian google muncul dengan meluncurkan gmail. Webmail dari google ini terlihat lebih menarik daripada hotmail. Gmail menampilkan fitur utamanya yaitu Java Script, iklan berbasis teks, serta penyimpanan e-mail yang sangat besar.

Beberapa fasilitas yang kita dapatkan ketika kita menggunakan e-mail berbasis web yaitu mengirim e-mail, membaca e-mail, membalas e-mail, meneruskan e-mail, menyimpan e-mail, mengembalikan e-mail yang telah terhapus ke tempat semula, dapat melampirkan dokumen, dan dapatt juga mencetak e-mail.

Dengan menggunakan webmail, pengguna dapat mengakses kotak surat atau inbox yang ada di e-mailnya dari semua komputer di seluruh dunia yang tersambung dengan internet. Selain itu, keunggulan lain dari webmail adalah terkait perapian e-mail pengguna. Karena webmail memiliki bayak fitur, maka pengguna dapat lebih mengorganisasikan e-mailnya sehingga e-mail yang dimiliki lebih rapi dan tidak tercecer.

Ketika sudah menggunakan webmail, maka pengguna ttidak perlu lagi menggunakan e-mail client karena sudah dapat berinteraksi dengan layanan tersebut yang langsung terhubung dengan koneksi internet.

Sekarang ini sudah merebak beberapa webmail yang bersifat gratis. Karena gratis tersebut, maka banyak digunakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Jasa webmail yang bersifat gratis antara lain “mail.telkom.net” dan “plasa.com”

Meggunakan e-mail dapat memudahkan para pengguna atau masyarakat yang ada di seluruh negeri atau bahkan di seluruh penjuru dunia. Jikalau dahulu seseorang akan mengirimkan surat atau kartu pos kepada seseorang di lain tempat harus menggunakan jasa antar surat. Jasa antar surat biasanya menghabiskan waktu beberapa hari agar surat atau kartu pos (post card) sampai kepada alamat yang dituju. Maka, dengan menggunakan webmail, surat atau kartu pos dapat dikirim dengan mudah dan pastinya sampai dengan lebih cepat, hany beberapa waktu bahan beberapa detik saja. Mudah bukan?

Namun, di samping ada keunggulan atau kelebihan webmail juga memiliki kelemahan atau kekurangan.

Kekuranga dari penggunaan e-mail berbasis web yaitu pengguna harus selalu terhubung dengan jaringan internet. Artinya, ketika seorang pengguna akan mengirim atau melihat kotak masuk koneksi internet tidak boleh terputus. Kemudian, jika server bermasalah, maka e-mail juga akan ter-pending atau bahkan tidak dapat terkirim.

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'