Mengenal Black Friday

Bagi warga Jakarta biasanya mengenal Jakarta Great Sale yang kerap digelar saat perayaan ulang tahun DKI Jakarta. Konsep acara ini ialah bekerjasama dengan sejumlah pusat perbelanjaan untuk memberikan diskon khusus kepada pelanggan dalam waktu tertentu.

Nah, jika di Jakarta ada Jakarta Great Sale maka di Amerika Serikat ada yang dinamakan dengan Black Friday yang jatuh pada Jumat (27/11). Mengapa dinamakan Black Friday?

Black Friday merupakan satu hari setelah Thanksgiving dimana orang-orang akan berbondong-bondong berbelanja. Sama seperti JGS dalam kegiatan ini sejumlah ritel besar juga akan memberikan diskon besar untuk menarik pengunjung berbelanja.

Nama Black Friday digunakan sejak tahun 1996 oleh kepolisian Philadelphia karena melihat kemacetan yang luar biasa satu hari setelah Thanksgiving. Saat itu kendaraan memenuhi jalanan menuju pusat perbelanjaan untuk memborong apa saja yang bisa mereka beli.

Awalnya Black Friday berkonotasi negatif, namun seiring waktu makna negatif itu menghilang. Black Friday kini menjadi salah satu festival belanja terbesar di dunia.

Bila awalnya warga memenuhi pusat perbelanjaan pada Black Friday kini kemacetan beralih pada trafik internet seiring bermunculannya ritel online seperti Amazon, Argos dan Carphone Warehouse.

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'