Mengapa Orang Tua Harus Menjauhkan Smartphone dari Anak Pada Malam Hari?

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

 

Haruskah orang tua menjauhkan smartphone dari kamar tidur anak-anak saat malam hari? Sebuah penelitian terbaru menunjukkan itu adalah ide terbaik.

Kenapa? Karena lebih dari 20 persen remaja mengatakan mereka hampir selalu bangun di tengah malam untuk membuka akun sosial media mereka. Kebiasaan yang akan merusak tidur mereka.

“Sangat penting untuk menjauhkan anak-anak dari aktivitas media sosial saat malam hari” ujar Dr Kimberly Horton, asisten peneliti dari Cardif University.

Dalam studi ini para peneliti dari Wales Institute of Social and Economic Research Data bertanya pada 800 anak usia 12 dan 15 tahun tentang kebiasaan tidur mereka termasuk aktivitas media sosial mereka di tengah malam.

Hasilnya sebanyak 22 persen anak usia 12 dan 13 tahun serta 23 persen anak usia 14 dan 15 tahun hampir selalu memeriksa media sosial mereka saat tengah malam.

“Ini yang menjadi penyebab anak-anak terlihat lelah dan lesu saat jam sekolah di pagi dan siang hari” ujar Dr. Chris Taylor salah satu penulis studi.

“Selain itu untuk beberapa remaja aktivitas media sosial mereka ditengah malam juga menimbulkan kerusakan mental” tambahnya

Lalu apa solusi terbaik? Para peneliti mengatakan memundurkan jam sekolah untuk memberikan tambahan waktu tidur bagi para remaja bukanlah sesuatu yang tepat. Sebaliknya bangun lebih pagi akan membuat hidup lebih segar dan baik.

“Menjauhkan anak-anak dari aktivitas media sosial mereka. Itu yang harus dilakukan para orang tua.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0