Membuat Pasport Itu Mudah, Ini Syaratnya!

Paspor adalah salah satu surat wajib yang harus dibawa jika seseorang hendak bepergian keluar negeri untuk berbagai keperluan seperti haji, umroh, kunjungan wisata, bisnis, sekolah atau kuliah, berobat, kunjungan keluarga hingga tugas pemerintah dan lain sebagainya. Kini mengurus paspor tidak lagi sulit karena sudah bisa dilayani dengan mudah di kantor imigrasi. Selain urusan penggantian paspor, kantor imigrasi juga melayani penggantian paspor yang hilang atau rusak. Namun, ternyata banyak orang yang belum mengetahui bagaimana tata cara pembuatan paspor, sehingga justru menggunakan jasa calo yang mahal harganya. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan paspor serta dokumen apa saja yang harus dibawa.

Membuat Pasport Itu Mudah, ini syaratnya

Membuat Pasport Itu Mudah, ini syaratnya

  1. Untuk membuat paspor sendiri diperlukan adanya beberapa dokumen yang harus disiapkan seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran atau surat nikah atau ijazah terakhir. Dokumen yang asli juga harus dibawa untuk mendukung data yang ada.
  2. Masuk menuju bagian Layanan dan Informasi menggunakan tanda antrian.
  3. Isi formulir yang disediakan dengan melengkapi sesuai dokumen yang dibutuhkan.
  4. Membuat surat pernyataan dengan materai.
  5. Begitu antrian dipanggil, akan ada pengecekan dari pihak Layanan dan Informasi. Jika dokumen sudah lengkap maka akan diberikan nomor antrian untuk wawancara serta pemotretan.
  6. Setelah nomor antrian disebut, pergilah ke meja tersebut dengan membawa dokumen asli beserta persyaratannya.
  7. Petugas wawancara nantinya akan menanyakan alasan pergi keluar negeri. Setelah itu dokumen dicek dan lanjut ke pemotretan.
  8. Tunggu panggilan dari antrian pemotretan.
  9. Pada bagian pemotretan juga akan ditanya alasan keluar negeri dan dicek kembali kebenaran datanya. Kemudian barulah foto beserta sidik jari diambil.
  10. Setelah selesai, akan diberikan resi untuk membayar biaya yang diperlukan melalui bank terdekat.

 

Paspor bisa diambil tiga hari setelah pembayaran biaya melalui bank. Khusus untuk pemohon paspor baru karena paspor lamanya hilang, dibutuhkan Surat Keterangan Hilang yang didapat dari Kepolisian. Sementara untuk yang berniat membuat paspor dengan alasan tugas kerja harus disertai Surat Rekomendasi maupun Izin dari pihak Atasan. Bagi yang tidak sempat untuk mengambil paspor bisa diwakili oleh orang lain dengan syarat Surat Kuasa maupun KTP. Jika ingin membuat paspor dengan alasan umroh, harus pula dilengkapi dengan tiket perjalanan supaya paspor tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain semisal paspor kerja. Biaya pembuatan paspor sendiri tergantung dari berapa banyak halaman paspor yang diinginkan serta apakah paspor tersebut merupakan paspor yang baru pertama kali dibuat atau pengganti paspor yang hilang atau rusak. Untuk paspor baru dengan empat puluh delapan halaman biayanya tiga ratus lima puluh lima ribu rupiah. Sementara paspor dengan dua puluh empat halaman biayanya lima puluh lima ribu rupiah.

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'