Manusia dan Sungai: Tema Hari Ciliwung 11 November Yang Ke 5

Komunitas Anak Kali Ciliwung (KAKC) bergeliat aktif di pinggir muara sungai Ciliwung, Kelurahan Ancol, kawasan pelabuhan tua Sunda Kelapa. Masyarakat secara swakarsa menata kampung pinggir sungai menjadi kampung ‘river defender’, kampung yang menjaga kelestarian sungai sebagai kesatuan saling menghidupi, berbagi ruang hidup, berdampingan dengan sungai. Wilayahnya meliputi Kampung Lodan, Krapu dan Tongkol. Hingga saat ini masyarakat senantiasa memperbaiki sistem sebagai kampung inspeksi jogo kali.

Mengangkat tema ‘Manusia dan Sungai’ pada Hari Ciliwung ke-V ini, juga sebagai peringatan 1 tahun bergerak Komunitas Anak Kali Ciliwung (KAKC), masyarakat Kampung Tongkol, Lodan, dan Krapu mengajak kita semua untuk kembali memaknai budaya sungai, bahwa manusia dan sungai adalah satu kesatuan ruang hidup. Bukan ustru dipisahkan dengan tembok beton tebal dan tinggi yang menjauhkan sungai dari tempat bermainnya dan berinteraksi dengan manusia, sebagai lingkungan bersahabat, belajar dan menggantungkan hidup.

whatsapp-image-2016-10-25-at-10-03-36

Nyatanya manusia bisa kembali bersahabat dengan sungai sebagai bagian dari lingkungan kampungnya. Pemukiman pinggir sungai bisa menjadi tempat ruang sosial dan alternatif wisata kampung air, yang kemudian akan mengangkat kembali relasi peradaban sungai yang bermartabat.

Sejak tahun 2012 komunitas penggiat penyelamatan Ciliwung mendeklarasikan tanggal 11 November sebagai Hari Ciliwung. Koordinator Konsorsium Penyelamatan Kawasan Puncak, Dr Ernan Rustiadi pernah mengatakan bahwa dijadikannya Hari Ciliwung pada tanggal 11 November ini diawali dengan penemuan dua ekor kura-kura bulus pada tanggal dan bulan yang sama tahun 2011 lalu.

“Ini menjadi semangat kami bahwa masih ada ekosistem endemik Ciliwung yang perlu dijaga kelangsungan hidupnya,” katanya.

Ernan menjelaskan, Hari Ciliwung menjadi ajang kampanye para penggiat penyelamatan kawasan sungai yang melintas wilayah Puncak, Depok dan Jakarta ini yang terus mengalami degradasi kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat sampah dan limbah industri.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'