Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter2Share on LinkedIn0

Madu adalah cairan berwarna kuning kecoklatan yang kental dan memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh nektar bunga. Sejak dahulu madu digunakan sebagai pemanis, karena rasa manis yang dihasilkan oleh madu bersifat alami. Cara mengonsumsinya yaitu bisa diminum langsung, dicampur dengan air (perlu diperhatikan, sebaiknya tidak mencampur madu dengan air panas karena bisa merusak kandungan yang ada di dalam madu), atau dicampur dengan makanan seperti roti, kue, dan lain-lain.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Berbicara mengenai kandungan yang ada di dalam madu, madu memiliki senyawa dan mineral yang sangat baik untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, asam amino, fruktosa, glukosa, sukrosa, maltosa, kalium, kalsium, vitamin B dan beberapa senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan seperti vitamin C. Bahkan madu mengandung beberapa asam amino  esensial yang tidak dihasilkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian terbaru ternyata kandungan yang ada di dalam madu yaitu mencapai 181 jenis. Madu juga memiliki kadar air yan rendah sehingga dapat mencegah tumbuhnya jamur di dalamnya. Melihat kandungan madu, maka madu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat madu untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan dalam Tubuh

Madu memiliki sifat yang baik yaitu dapat me-re-set enzim-enzim dalam tubuh. Jika kita meminum madu setiap paginya, maka enzim baik dalam tubuh akan ter-re-set dan dapat digunakan oleh tubuh sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Untuk manfaat ini, kita bisa meminum madu pada pagi hari sebelum makan. Madu juga mengandung antibiotik yang baik untuk tubuh dan antimikrobial yang dapat menghambat penyakit dalam tubuh.

 

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Madu bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Makanan yang kita makan akan lebih lancar tercerna oleh tubuh jika kita rutin meminum minuman sehat ini. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap selera makan yang meningkat dan energi yang dihasilkan pun akan meningkat, sehingga setiap harinya kita lebih energik dan bersemangat untuk beraktivitas.

  1. Memperlancar Gerakan Usus

Madu memiliki manfaat memperlancar gerakan usus. Saat usus bergerak dengan lancar, maka makanan dan sari makanan yang tidak dibuthkan dalam tubuh pun akan lebih lancar utuk keluar. Dengan kata lain, toksin-toksin dalam tubuh dapat dibuang dengan baik sehingga tubuh pun lebih sehat dan bugar.

  1. Menghaluskan Kulit

Madu dapat menghaluskan kulit karena terdapat asam glukonat dan asam organik ringan di dalamnya. Senyawa tersebut dapat melonggarkan ikatan sel-sel mati sehingga dapat mempercepat regenerasi sel, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak dan juga meningkatkan elastisitas pada kulit. Madu juga memiliki asam amino yang dapat melembabkan kulit.

  1. Menurunkan Kadar Gula dan Kolesterol

Madu merupakan pemanis yang pailing baik dibandingkan gula ataupun gula sintetis. Meskipun lebih manis dari gula, tetapi madu memiliki indeks glikemik rendah karena dapat diserap ke dalam aliran darah dengan cara bertahap. Kandungan vitamin B1, B5, dan C baik untuk penderita diabetes karena mereka sangat membutuhkan vitamin-vitamin tersebut.  Mineral dan vitamin yang ada di dalam adu juga dapat menurunkan LDL atau kolestrol buruk yang ada di dalam tubuh.

 

  1. Mengobati Luka Jerawat pada Wajah

Madu dapat digunakan sebagai masker  wajah untuk mengobati luka jerawat. Antiseptik yang ada di dalam madu dapat membantu mengobati luka, termasuk jerawat pada wajah.

  1. Mengobati Kerontokan pada Rambut

Madu juga dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Untuk hal ini, madu dapat dicampur dengan minyak zaitun, kemudian dioleskan ke kepala, tunggu sekitar 10-15 menit setelah itu dibilas menggunakan air hingga bersih.

Itulah beberapa dari banyak manfaat lain dari madu untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter2Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *