Makan Sehabis Olahraga, Bolehkah?

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook3Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
Makan Sehabis Olahraga (2)

Makan Sehabis Olahraga

Berolahraga akan selalu menjadi saran terbaik jika ingin tubuh tetap sehat dan segar. Olahraga ringan maupun berat memang sangat dianjurkan dilakukan secara kontinu. Tetapi kita tahu tujuan berolahraga memang beragam. Ada yang hanya ingin merasa segar dan tidak sedikit pula yang ingin membentuk tubuh proporsional. Demi tubuh indah, orang rela melakukan aktivitas apapun. Namun apakah Anda yakin olahraga yang selama ini dilakukan sudah memenuhi aturan? Tidak perlu jauh-jauh. Kita bahas saja soal ‘makan’. Berapa porsi nasi goreng yang dilahap selepas berolahraga? Atau menu makanan apa yang menjadi favorit Anda setelah berolahraga? Kelompok lain ada yang berkata, “Makan setelah berolahraga?” memang boleh?. Simak ulasannya berikut ini.

Mulai sekarang hilangkan pikiran bahwa olahraga tidak membutuhkan asupan apapun. Anda salah. Justru setelah olahraga, tubuh teramat sangat kehilangan energi. Prinsip ini sama saja ketika kita melakukan kegiatan serupa menyapu halaman, memasak dan mencuci. Semua pekerjaan ini membutuhkan energi dan akan habis saat selesai digunakan.

Begitu pula dengan berolahraga. Olahraga apapun yang dilakukan, energi akan terkuras habis. Memang perlu diingat bahwa asupan kalori sangat berbeda di setiap orang, tergantung pada usia, tinggi badan, jenis kelamin dan tingkat aktivitas. Jelas berbeda, kebutuhan kalori seorang nenek berusia 60 tahun dengan Anda yang berusia 30 tahun.

Meskipun demikian, National Institutes of Health menyarankan asupan makanan yang harus dikonsumsi orang-oragn sehabis berolahraga adalah sebesar 45-65 % dari karbohidrat, 25-35% lemak dan 10-35% protein per hari.

Ternyata tidak semua orang memerlukan asupan makanan sebanyak mungkin. Sebab kalori yang terbakar hanya sedikit. Bagi mereka yang hanya berolahraga selama 30 sampai 50 menit, mereka tidak disarankan menambah asupaan. Sebab, hal ini hanya akan membuang sia-sia usaha Anda untuk berolahraga. Lalu bagaimana seharusnya?

Sangat tidak dibenarkan untuk menghindari makan sebelum berolahraga. Membiarkan perut kosong selama olahraga akan menyakiti lambung. Sementara untuk orang-orang berbobot 154 pon, mereka dianjurkan untuk berjalan 1 jam sehari untuk membakar 500 kalori. Nah, mereka inilah yang harus dicermati. Orang-orang ini sangat disarankan untuk menambah asupan makanan dan makanan berserat untuk menggantikan energi yang terlepas dari tubuh.

Mitos yang menyebutkan bahwa kita harus menunggu 30 menit sebelum berolahraga hanyalah fiktif belaka. Kita bisa langsung berolahraga sesaat setelah makan. Hal yang perlu dijaga adalah keseimbangan karbohidrat dan protein.

Itulah ulasan mengenai boleh dan tidaknya makan setelah olahraga. Jawabannya adalah boleh asalkan kita menjaga kadarnya tetap seimbang. Memberi asupan pada tubuh setelah berolahraga sangat membantu pembuluh darah untuk melebar supaya sel darah merah masuk dengan mudahnya. Apabila kita kekeuh tidak makan sesaat setelah berolahraga, maka bersiaplah mendapat gangguan penyakit pada tubuh.

 

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook3Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
One Response
  1. Ufacu04 4 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *