Macet Saat Libur Natal, Dirjen Perhubungan Darat Mengundurkan Diri

Kemacetan parah yang terjadi pada 23-24 Desember 2015 lalu membuat Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengundurkan diri. Pengundurun diri ini merupakan tanggung jawab atas terganggunya aktivitas liburan masyarakat.

Pengunduran diri ini disampaikan dalam konferensi pers di kantornya, Sabtu 26 Desember 2015. Djoko menyatakan surat pengunduruan diri tersebut akan disampaikan secara resmi pada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pada Ahad 27 Desember 2015. Surat itu juga akan ditembuskan kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut Djoko juga meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan dalam saat jelang libur natal kemarin.

“Ini sepenuhnya tanggung jawab saya, untuk itu saya memohon maaf sebesar-besarnya.” ujad Djoko dikutip dari Tempo.co.

Dalam konferensi pers tersebut Djoko juga menyampaikan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 48 Tahun 2015 entang larangan pengoperasian kendaraan angkutan barang pada masa angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Larangan bagi kendaraan angkutan barang tersebut berlaku pada 30 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016 untuk menghindari terulangnya kemacetan pada tanggal 23-24 Desember lalu.

Langkah Djoko pun mendapat apresiasi sejumlah pihak Yayasan Lembaga Konusmen Indonesia (YLKI) menilai apa yang dilakukan Djoko harus menjadi teladan banyak pihak.

Dilansir Tempo.co, ketua YLKI Tulus Abadi menilai baru kali ini ada pebat publik di Indonesia yang merasa gagal lalu mundur. Selain itu Tulus juga mengatakan kesalahan tidak bisa dibebankan ke Djoko saja tapi ini juga ada andil PT Jasa Marga Tbk serta Mabes Polri yang seharusnya bisa mengantisipasi liburan panjang kali ini.

Libur Natal tahun ini memang berbeda dibanding natal tahun sebelumnya. Natal yang jatuh pada hari Jumat (25/12) diawali dengan libur maulid nabi Muhammad saw yang jatuh pada hari Kamis (24/12) sehingga total ada libur 4 hari hingga hari Minggu (27/12).

foto : tempo.co

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'