Luke Shaw & 10 Cedera Horor dalam Sepak Bola

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook222Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Sekali lagi seorang pesepakbola menderita cedera yang berkategori horor. Bek Manchester United Luke Shaw mengalami patah tulang kaki akibat dilanggar bek PSV Hector Moreno.

Cedera ini mengerikan karena Shaw mengalami patah tulang ganda pada kakinya, dan butuh sembilan menit bagi tim medis untuk memberikan pertolongan dan membawanya ke rumah sakit.

Di dunia sepak bola cedera horor sejenis juga dialami para pesepakbola lainnya. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa sampai 87% cedera yang dialami pesepakbola terjadi di lower limb atau bagian kaki (paha, lutut, dan engkel) dengan 38% di antaranya terjadi karena benturan langsung.

Mengerikannya cedera yang dialami Shaw dan para pemain lainnya menjadikan sepak bola sebagai olahraga dengan risiko tinggi, tak sedikit kematian pun menghampiri. Bahkan menurut seorang pakar cedera TJ Salih menyebut cedera pemain sepak bola 1000 kali lebih berisiko dibandingkan dengan pekerja industri.

Berikut adalah 10 cedera horor yang dialami oleh pesepakbola dengan profil tinggi di antara begitu banyak cedera horor lain yang didapat oleh seorang pesepakbola.

1. Francesco Totti – Roma vs Empoli, 19 Februari 2006
2062
Pada laga Coppa Italia, Totti meninggalkan lapangan dengan cedera sangat serius. Tekel dari belakang Vanigli membuat fibula kaki kirinya patah dan membuat ligamen interkoneksi terputus dengan maleolus. Malam itu juga ia dioperasikan oleh ahli bedah terkenal di Klinik Villa Stuart Roma. Hebatnya, beberapa bulan kemudian Totti ikut membawa Italia menjadi juara Piala Dunia di Jerman pada Juli 2006.

2. Aaron Ramsey – Stoke vs Arsenal, 27 Februari 2010
Aaron Ramsey
Akibat tekel dari Ryan Shawcross, tulang tibia dan fibula kaki kanan Ramsey patah dan terlihat terkulai. Shawcross sendiri kemudian terlihat menangis yang harus ditenangkan oleh rekan-rekan setimnya. Ramsey menempuh proses pemulihan hingga 9 bulan.

3. Djibril Cisse – Blackburn vs Liverpool, 30 Oktober 2004
Djibril-Cisse
Pada laga di Ewood Park, Cisse mengalami patah tibia dan fibula di kaki kirinya ditabrak dari belakang oleh pemain Blackburn Jay McEveley. Dua tahun kemudian gantian kaki kanannya yang mengalami patah saat beruji coba melawan China jelang Piala Dunia 2006. Butuh masing-masing tjuh bulan bagi Cisse untuk pulih dari cedera beratnya tersebut.

4. Henrik Larsson – Lyon vs Celtic, 22 Oktober 1999
Henrik-Larsson
Mengalami patah ganda di tibia dan fibula setelah berebut bola dengan pemain Lyon Serge Blanc. Setelah absen selama 8 bulan untuk pemulihan, Larsson kembali tampil dan menjadi topskor sepanjang masa untuk Celtic dengan 242 gol.

5. Eduardo Da Silva – Birmingham v Arsenal, 13 September 2008
Eduardo
Cedera mengerikan ini tak hanya mematahkan fibula kaki kiri Eduardo, tetapi juga membuat engkel kirinya mengalami dislokasi terbuka. Saking geramnya, Arsene Wenger menyebut bek Birmingham Martin Taylor yang mencederai Eduardo untuk dihukum tidak boleh lagi bermain sepak bola, namun kemudian Wenger menarik komentarnya. Butuh waktu setahun bagi Eduardo untuk bisa kembali merumput.

6. Alf Inge Haaland – Manchester United vs Manchester City, 21 April 2001
Alf-Inge-Haaland
Cedera ini mengerikan karena adanya unsur kesengajaan dari Roy Keane, pemain yang menghajar lutut Alf Inge Haaland. Pengakuan sengaja mencederai itu dikemukakan oleh Keane di otobiografinya. Keane mengakui itu sebagai balas dendam atas perlakuan kasar Haaland dalam insiden September 1997 saat Haaland yang membela Leeds membuat Keane cedera hingga absen hampir setahun. Kapten Manchester United tersebut pun mendapat kartu merah, larangan delapan pertandingan dan denda £150.000. Haaland sejak saat itu tak pernah sepenuhnya pulih dan pensiun dua tahun kemudian.

7. Alan Smith – Liverpool vs Manchester United, 18 Februari 2006
Alan-Smith
Smith yang baru didatangkan dari Leeds United mendapatkan cedera horor ini saat menjadi bagian dari pagar betis saat tendangan bebas pada laga melawan Liverpool di ajang Piala FA. Bola keras yang disepak oleh John
Arne Riise dibloknya yang membuat kaki kirinya patah dan engkelnya bergeser. Cedera yang oleh Sir Alex Ferguson dianggap paling mengerikan yang pernah dia lihat. Butuh tujuh bulan bagi Smith untuk pulih.

8. Kieron Dyer – Bristol Rovers vs West Ham, 18 Agustus 2007
Kieron-Dyer
Dyer yang baru saja bergabung dengan West Ham dari Newcastle tiga minggu sebelumnya, patah tulang kaki di dua lokasi setelah mendapatkan tekel sembrono dari bek kiri Bristol Joe Jacobson. Cedera ini menjadi awal dari akhir karier sepak bola Dyer, yang tampil hanya sebanyak 16 menit sejak pulih untuk The Hammers.

9. Luc Nilis – Aston Villa vs Ipswich, 9 September 2000
Luc-Nilis
Striker Belgia baru saja bergabung dengan The Villans dari PSV Eindhoven dengan gratis. Laga melawan Ipswich adalah laga ketiganya bersama Villa di Premier League sekaligus menjadi laga terakhirnya sebagai pesepakbola profesional. Berbenturan dengan kiper Ipswich Richard Wright membuat kaki kanannya patah ganda. Empat bulan kemudian, Nilis menyatakan gantung sepatu.

10. David Busst – Manchester United vs Coventry City, 8 April 1996
David-Busst
Boleh jadi ini adalah cedera paling mengerikan yang ada di sepak bola, yang membuat Peter Schmeichel yang berada di dekat kejadian mengalami trauma dan membutuhkan konsultasi beberapa minggu setelah insiden. Busst mengalami patah ganda tulang terbuka yang menembus daging dan kulitnya setelah berbenturan dengan dua pemain sekaligus (Denis Irwin dan Brian McClair). Butuh 15 menit untuk mengevakuasi Busst dan membersihkan darahnya dari rumput Old Trafford. Busst pensiun seketika (pada usia 29 tahun) karena cedera tersebut bisa membuatnya diamputasi. Dia kemudian mendapatkan serangkaian lebih dari 20 operasi pemulihan, dia merasa beruntung setidaknya masih bisa berjalan.

Dicari dengan kata kunci:

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook222Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0