Konsorsium China Beli Saham Perusahaan Induk Manchester City

Setelah proses negosiasi selama enam bulan, sekelompok investor China akhirnya sukses membeli 13 persen saham City Football Group (CFG) yang dimiliki oleh Sheikh Masour bin Zayed bin Sultan Al Hahyan.

Konsorsium China yang didukung CMC (China Media Capital) dan perusahaan investasi CITIC Capital tersebut menggelontorkan dana sebesar £265 juta untuk mendapatkan 13 persen saham perusahaan induk yang memiliki Manchester City, New York City, Yokohama Marinos, dan Melbourne City. Kesepakatan ini terwujud kurang dari sebulan setelah presiden China Xi Jinping mengunjungi lapangan latihan City.

Presiden China Xi Jinping foto selfie dengan Sergio Aguero & Perdana Menteri Inggris David Cameron

Presiden China Xi Jinping foto selfie dengan Sergio Aguero & Perdana Menteri Inggris David Cameron

Menariknya, Sheik Mansour membayarkan dana yang sama saat membeli kepemilikan penuh Manchester City pada 2009 dan enam tahun kemudian menjual sedikit saham CFG dengan nilai yang sama, £265 juta. Berkat investasi besarnya tersebut, The Blues menjelma menjadi kekuatan hebat di jagat sepak bola dengan raihan dua gelar Premier League sebagai buktinya. City juga melesat nilainya di bursa saham New York, sekarang nilainya $3 triliun mendekati nilai saham Manchester United $3,05 triliun.

Aji Wibowo

Aji Wibowo

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.” - Pramoedya Ananta Toer
Aji Wibowo

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'