Koalisi Jambi Melawan Asap : Dinkes Jambi Keras Kepala!

Koalisi Jambi Melawan Asap : Dinkes Jambi Keras Kepala!
Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Koalisi Jambi Melawan asap kembali menyampaikan kecamana atas rencana Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi. Sebelumnya Dinkes menyatakan bahwa Nabila (15 bulan) bukan meninggal karena ISPA, tapi menderita penyakit pneumonia. Kali ini, Dinkes kembali mebuat pernyataan yang lagi-lagi melukai perasaan masyarakat Jambi – utamanya perasaan orang tua dan keluarga mendiang Nabila.

Dinkes mengeluarkan pernyataan bahwa Nabila bukan meninggal karena asap. Saat ini pihaknya akan membentuk tim untuk menyelidiki penyakit yang menyebabkan meninggalnya Nabila, (baca, poltarkbr.com, 05/10/2015).

“Dinkes sendiri padahal sudah merilis data bahwa 60.000 jiwa masyarakat Jambi kena ISPA. Tapi kondisi itu diabaikan oleh mereka. Yang dilakukan malah membuat penelitian tentang penyakit Nabila yang justru akan semakin melukai perasaan orang tua Nabila,” Tegas Ida Zubaidah, Kordinator Beranda Perempuan.

Sejalan dengan itu, Pauzan Fitrah, Koordinator Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Jambi menambahkan bahwa penelitian itu hanya akan dijadiakan bahan untuk mengklarifikasi dan menyalahkan keluarga Nabila. “Kalau memang Nabila meninggal bukan karena asap, apakah 60.000 jiwa penderita ISPA itu juga bukan karena asap?” Katanya.

“Seharusnya mereka memberi penyuluhan intensif dan membuka ruang evakuasi yang bebas asap bagi masyarakat rentan. Termasuk meneliti berapa persen anak-anak dan masyarakat lainnya yang menjadi korban asap, lalu hasilnya dilaporkan secara terbuka kepada publik,” lanjut Pauzan.

Koalisi Jambi Melawan Asap sebelumnya sudah menyampaikan kecaman kepada Andi Pada, Kepala Dinkes Provinsi Jambi terkait pernyataannya yang mengatakan bahwa kematian Nabila bukan karena asap. Koalisi Jambi melawan asap dalam rilis tersebut juga menyampaikan kesiapannya untuk mendampingi orang tua Nabila.

Koalisi Jambi MelawanAsap terdiri dari Front Mahasiswa Nasional, Beranda Perempuan, Walhi Jambi, KKI Warsi, Kawan Imau, LASER Foundation, Mapala Gitasada

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
About Syakib 252 Articles
Suka nulis dan suka baca tapi gak suka ngedit jadi suka typo dan gak sesuai EYD tulisannya...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*