Kiat Gigi Putih untuk Penyuka Kopi

Kiat Gigi Putih untuk Penyuka Kopi

Kiat Gigi Putih untuk Penyuka Kopi

Memiliki gigi putih berkilau adalah dambaan setiap orang. Terlebih lagi jika iklan pasta gigi menayangkan aktor dan aktris tersenyum dengan gigi putih menawan. Perubahan warna pada gigi disebabkan salah satunya karena noda. Noda ini semakin banyak seiring bertambah usia, beberapa minuman dan bahkan makanan tertentu. Tak jarang pula ada produk obat kumur tertentu yang justru menyebabkan warna gigi berubah.

Jadi, apa kabar bagi para penyuka kopi? Terkadang hidup ini terasa tidak adil saat melihat makanan yang disukai malah menjadi penyebab noda gigi seperti cokelat hitam, buah-buahan dan juga kopi. Padahal makanan ini mampu menyehatkan jantung. Noda pada gigi muncul saat makanan bersifat asam masuk ke dalam mulut. Ia akan mengikis enamel yang nantinya merubah warna gigi menjadi kuning kecokelatan.

Lalu indikator apalagi yang menunjukkan bahwa makanan bisa merubah warna gigi? Seorang dokter gigi anggota American Academy of Cosmetic Dentistry, Dr. Kellee Stanton, mengatakan bahwa semua makanan yang menodai taplak meja dan lidah Anda, maka makanan itu akan menodai gigi Anda”.

Tapi jangan khawatir. Betapapun sukanya Anda terhadap makanan tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah noda gigi semakin memburuk.

  1. Berkumur

Selesai mengonsumsi makanan itu, segeralah berkumur untuk membilas gigi Anda. Sebaiknya Anda juga tidak membiarkan makanan itu berada cukup lama di dalam mulut.

  1. Tambahkan sayur dan buah yang renyah

Hal ini akan membantu membersihkan gigi Anda karena dengan mengunyah sayur dan buah yang renyah, noda pada gigi Anda ikut terkelupas.

  1. Gunakan sedotan

Ada baiknya Anda menggunakan sedotan saat menikmati minuman cokelat ataupun kopi. Meskipun cara ini tidak cukup populer untuk meminum secangkir kopi atau cokelat panas. Tetapi demi penampilan gigi Anda, tak salah jika dipraktikkan.

  1. Sepotong keju atau segelas susu

Keju dan susu kaya akan kalsium. Jelas zat ini akan memperkuat gigi Anda. Tidak hanya itu, keju maupun susu mampu menetralkan asam di dalam mulut. Dengan demikian, gigi Anda semakin sehat dan kuat.

  1. Sikat gigi 2 menit

Mengapa dua menit? Supaya noda pada gigi dapat menghilang dengan baik, bersihkan gigi Anda secara maksimal. Selain itu, perlu diingat bahwa ada aturan meyikat gigi saat Anda makan makanan bersifat asam. Yaitu beri selang waktu selama 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi. Tujuannya agar enamel gigi menguat setelah tadinya menjadi lembek akibat makanan yang asam.

  1. Permen karet tanpa gula

Permen karet ternyata memiliki banyak manfaat. Selain membantu rongga mulut untuk berolahraga, permen karet juga mampu memperbanyak ludah untuk membersihkan gigi selepas makan makanan berasam.

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'