Kegunaan Knalpot Pada Kendaraan Bermotor

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
Kegunaan Knalpot Pada Kendaraan Bermotor

Kegunaan Knalpot Pada Kendaraan Bermotor

Knalpot bukan merupakan istilah asing lagi bagi Anda. Tidak perlu mengikuti pembelajaran mengenai teknik mesin, setiap orang sudah kenal dengan apa yang disebut knalpot. Melihat kenalpot sebagai fungsi teknis, knalpor merupakan saluran saluran buang pembakaran kendaraan bermotor. Oleh karena itu, kebanyakan knalpot diletakkan pada bagian belakang kendaraan.

Penggunaan knalpot dalam teknologi mesin sudah lama digunakan, baik pada mesin kendaraan ataupun pada mesin industri (yang sering dikenal dengan nama cerobong). Knalpot pada kendaraan bermotor terdiri atas beberapa bagian.

Bagian knalpot pada kendaraan dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Header

Header merupakan part atau komponen yang ada pada knalpot yanga ada diujung menempel langsung pada mesin. Jumlah  bagian tersebut bergantung pada jumlah silinder yang dimiliki oleh mesin kendaraan. Fungsi utama dari header yaitu untuk menghubungkan keseluruhan sistem knalpot (full system) dengan sistem buang yang dimiliki oleh suatu kendaraan bermotor. Gas buang ini merupakan sisa hasil proses terjadinya tenaga yang cukup besar dalam kendaraan bermotor.

  1. Resonator

Bagian kedua dari knalpot adalah resonator. Bagian ini sering kita kenal dengan nama saringan knalpot yang berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran mesin.

  1. Silincer

Silencer memiliki fungsi yang mirip dengan resonator, yaitu untuk membantu meminimalisasi suara bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran. Silencer biasanya diletakkan pada ujung tepian knalpot. Selain itu jangan lupa  juga berisi saringan yang berfungsi sebagai resonator. Sedangkan pada roda empat biasanya resonator berada di bagian kolong mobil, sedangkan silencer berada terpisah.

Pada mesin 2 tak, terdapat satu bagian knalpot lagi yang berperan sangat penting dinamakan chamber. Chamber pada knalpot 2 tak ini berfungsi untuk melakukan gaya balik yang berasal ada dari pembuangan sisa kebakaran tia dikarenakan teknologi 2 tak tidak memiliki katup ex dan juga ini layaknya kendaraan 4 tak yang bisa kita jumpai sekarang. Chamber pnya perasn dan fungsi khusus dibal dibanding dengan motor 2 tak meskipun secara keselurugan tidak begitu signifikan.

Fungsi knalpot pada kendaraan antara lain sebagai berikut.

  1. Meredam suara ledakan yang dihasilkan di dalam ruang bakar

Knalpot memiliki fungsi utama yaitu meredam suara ledakan yang dihasikan di dalam ruang bakarledakan yang besar teradi ketika proses pembakaran. Ledakan ini menghasilkan suara yang cukup mengganggu telinga. Maka dari itu digunakanlah knalpot untuk mengurangi suara ledakan sehingga tidak ada polusi suara.

  1. Meningkatkan tenaga dari kendaraan

Selain itu, knalpot jua berfungsi sebagai salah satu komponen yang bisa mendongkrak tenaga motor.. Namun tidak mutlak. Tidak semua dapat sepeerti itu, tetapi bergantung pada desain dan bahan-bahan knalpot.

  1. Sebagai pemanis dan ornamen kendaraan

Knalpot juga biasa digunakan untuk pemanis kendaraan. Beberapa knalpot memiliki desain dan bentuk yang unik (beda dari biasanya). Desain knalpot yang tidak biasa ini biasanya digunakan untuk mengikuti perlombaan atau kontes.

  1. Untuk mengurangi polusi udara

Knalpot dengan teknologi terbaru menggunakan catalityc onverter atau CC. CC berfungsi untuk membantu mengkonversi karbon yang keluar melalui gas buang yang ada di kendaraan bermotor. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dari motor dan dapat mengurangi polusi udara.

 

Dicari dengan kata kunci:

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *