Jürgen Klopp di Mata Para Tokoh Sepak Bola

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook36Share on Google+4Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Jürgen Klopp resmi menjadi manajer anyar Liverpool, hanya selang empat hari dari pemecatan Brendan Rodgers. Klopp menjadi manajer ke-20 sepanjang sejarah Liverpool dan menjadi manajer ketiga dari luar Inggris Raya setelah Gerard Houllier dan Rafael Benitez.

Mantan juru taktik Borussia Dortmund ini merupakan sosok spesial di dunia sepak bola. Karakter yang ekspresif, apa adanya, dan dengan gelimang prestasi. Dortmund yang berada di ambang kebangkrutan dibawanya dua kali juara Bundesliga (musim 2010-11 dan 2011-12).

Kombinasi karakter unik dengan prestasi wah tersebut membuat kehadiran Klopp di Liverpool menjadi perbincangan yang ramai, mendapat ulasan yang masif dari media-media dunia. Seakan Jumat lalu adalah harinya Klopp.

Tak hanya media dan para penggemar sepak bola yang merespon penuh euforia kedatangan Klopp ke kompetisi Premier League, tetapi juga para tokoh sepak bola lainnya. Simak reaksi-reaksi mereka berikut ini.

Franz Beckenbauer
Sosok berjuluk Der Kaizer ini membawa Jerman (Barat) menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain (1974) dan pelatih (1990).

“Ia pelatih fantastis. Ia salah satu pelatih terbaik yang saya kenal di seluruh dunia, dan ia sudah menunjukkan buktinya bersama Borussia Dortmund. Ia mengambil alih klub dan menjadikannya sebagai klub kelas dunia. Ia salah satu yang terbaik di dunia. Jika Liverpool memutuskan mengajak Klopp bergabung, maka mereka harus mewujudkannya. Liverpool adalah salah satu klub terbesar di dunia, jadi Liverpool dan Klopp pastinya menjadi kombinasi yang bagus. Ia juga pelatih juara.”

Sir Alex Ferguson
Manajer legendaris, manajer tersukses Manchester United.

“Ini adalah penunjukkan yang bagus. Saya mengaguminya, saya mengenal Jürgen cukup baik saat bertemu di Jenewa. Kepribadiannya kuat, sangat kuat, dia sangat keras kepala, berkeinginan kuat, dan penampilannya, dan kariernya di Dortmund luar biasa dan saya pikir dia akan melakukan tugasnya dengan sangat baik. Saya tidak suka mengatakan hal itu, karena Liverpool, karena saya khawatir tentang hal itu tetapi tidak, dia akan sukses.”

Kenny Dalglish
Sosok berjuluk King ini menjadi legenda Liverpool berkat torehan prestasinya baik sebagai pemain dan manajer.

“Dia sangat impresif. Saya rasa, suporter harus mengencangkan sabuk pengaman mereka. Fans akan sangat, sangat menikmati kehadirannya. Dia adalah seseorang yang tidak mencintai dirinya sendiri. Dia mendeksripsikan dirinya sebagai ‘the normal one’ dalam konferensi pers dan itu akan membuat Klopp memenangkan hati para fans.”

Phil Thompson
Mantan kapten dan asisten manajer Liverpool

“Ini adalah gairah yang luar biasa. Dari apa yang kita lihat di Dortmund, kita semua bergairah dengan semangat dan cintanya untuk sepak bola. Jika ia bisa membawa hal tersebut ke Anfield maka akan sangat luar biasa. Rasanya seperti pernikahan dari surga.”

John Barnes
Mantan kapten dan penyandang no.10 Liverpool di masa lalu.

“Jurgen Klopp adalah manajer hebat tapi kita harus memberinya waktu untuk membangun sebuah tim.”

Michael Owen
Sosok yang meraih penghargaan Ballon d’Or bersama Liverpool.

“Klopp sudah pasti bakal menghibur fans Liverpool yang berharap tinggi pada Rodgers. Ia juga bakal menghadirkan semangat membara untuk sukses dan mengangkat posisi mereka di ‘enam besar’ untuk kembali ke perebutan gelar dan empat besar sudah wajib untuk setiap musimnya.”

Jamie Carragher
Penampil terbanyak kedua sepanjang sejarah Liverpool (737 penampilan).

“Ia memiliki kharisma tersendiri, ia memiliki kepribadian unik. Saya pikir semua melihat bahwa di Dortmund, dia tampak seperti seorang pelatih yang selalu diinginkan pemain.”

Roy Hodgson
Pelatih timnas Inggris dan mantan manajer Liverpool.

“Sangat menarik melihat apa yang bisa dilakukan Jürgen Klopp di sana. Dia manajer karismatik dan sangat berenergi.”

Dietmar Hamann
Mantan pemain Liverpool dan timnas Jerman.

“Dia apa adanya, orang jujur yang akan memberitahu para pemain dan para fans tentang fakta, dan saya pikir untuk klub seperti Liverpool itu sesuatu yang telah hilang selama beberapa tahun.”

Dicari dengan kata kunci:

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook36Share on Google+4Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *