Januari 2016 Harga BBM Turun

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengumumkan akan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai Januari 2016. Keputusan ini diambil berdasar penurunan harga minyak dunia. Meski begitu belum dijelaskan besaran penuruan harga BBM tersebut.

“Insya Allah turun Januari, kan kalau harga BBM turun ekonomi juga membaik di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja dikutip dari kompas.com.

Puja mengatakan besaran penurunan nantinya akan dijelaskan langsung oleh Menter ESDM setalah adanya perhitungan-perhitungan yang lebih rinci.

Sementara itu Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan keputusan harga terbaru BBM baru akan diputuskan setelah melihat kondisi terakhir pada bulan Desember 2015.

Ia mengatakan penurunan harga tidak bisa dilakukan begitu saja meski terjadi penurunan harga minyak dunia namun mata uang dolar juga tengah menguat terhadap rupiah.

Harga minyak dunia memang terus menurun dan sempat menyentuh ke posisi terendah dalam 7 tahun terakhir di level 35 dollar AS.

Ada sejumlah faktor yang membuat harga minyak dunia terus tertekan yakni rencana pemerintah meningkatkan ekspor minyak mentahnya dan prediksi suplai minyak dunia yang terus berlebih akan berlanjut hingga akhir tahun 2016.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *