Inilah 3 Makanan Pembersih Asap dalam Paru

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook5Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Asap ada di mana-mana. Paling parah tentu yang dialami masyarakat di kota-kota yang terkena efek langsung kebakaran hutan dan penyebaran asap. Sebenarnya, hampir semua orang terutama di perkotaan juga punya “masalah asap”. Asap kendaraan, asap rokok, asap industri.

Asal tahu saja, dalam asap tersebut terkandung zat-zat kimia seperti gas karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2), dan ozon (O3). Partikel halus seperti karbon organik, komponen karbon, dan bermacam zat lainnya juga ambil bagian dalam komposisi asap. Dalam jumlah besar, kombinasi gas dan partikel tersebut sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Ternyata, ada jenis makanan yang bisa membantu membersihkan paru dari zat-zat mematikan yang terhirup bersama pekatnya asap. Selain banyak mengandung oksigen, makanan berikut juga berfungsi menguatkan organ-organ tubuh yang lemah karena terlalu banyak menghirup asap.

[afop]
1. Sayuran Hijau dan Buah

Menurut Dr. Suneil Jain, NMD, naturopathic dari Arizona, Sayuran hijau mengandung banyak klorofil dan oksigen. Klorofil ini punya struktur atom yang mirip dengan darah manusia. Saat makan sayuran hijau, klorofil membuat darah bisa menyalurkan oksigen ke seluruh sel tubuh. Contoh sayuran hijau kaya oksigen dan klorofil adalah brokoli, bayam, kailan. Selain sayuran, buah juga punya fungsi yang sama.

2. Jagung dan Gandum

Jagung seperti halnya gandum, sereal, atau oat, punya kandungan protein, zat besi, dan vitamin B yang berfungsi mengoptimalkan kadar oksigen dalam darah dan tubuh. Anda bisa menjadikan jagung dan jenis gandum lainnya sebagai menu sarapan.

3. Ikan Koi dan Gurami

Terlalu banyak menghirup asap bisa jadi membuat organ-organ dalam jadi melemah kinerjanya. Untuk menguatkannya kembali Anda bisa mencoba mengolah ikan koi dalam bentuk sup atau masak tim. Konon, sejak dulu Dinasti Ming di Jepang memanfaatkan koi untuk menyembuhkan penyakit. Koi dianggap salah satu bahan makanan yang punya efek medis. Setelah organ tubuh menguat, bisa dilanjutkan dengan mengolah ikan gurami yang dalam tradisi Jepang dipercaya bisa menghilangkan radang dalam, mempercepat fungsi organ, serta baik untuk sirkulasi darah.

Selain menggunakan masker, mencoba jenis makanan ini bisa jadi solusi harian untuk melawan asap. Selamat mencoba.

Penulis: Muthia Esfand

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook5Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *