Ini Perangkat Online Yang Membantu Memverifikasi Keaslian Foto

Foto palsu atau hoax kini makin sering bermunculan di media sosial. Tanpa ada pertanyaan atau menimbang lagi para pengguna medsos dengan mudah membagikan dan menyebar foto-foto tersebut kepada para kerabatnya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui foto yang kita terima itu asli atau tidak? Belom lama ini situs mediasapiens.ua menulis tentang beberapa tools online yang dapat membantu tingkat keaslian foto dan informasi lainnya terkait foto tersebut. Berikut beberapa tools yang diulas oleh situs tersebut untuk memeriksa keaslian foto.

Findexif.com, ini adalah perangkat gratis yang Anda bisa meng-upload foto dan findexif akan mengindentifikasi EXIF data, kapan dan dimana foto itu dibuat, karakteristik gambar.

Foto Forensic, sebuah situs web yang dapat menjalankan analisis tingkat kesalahan yang berfungsi untuk menemukan bagian-bagian dari gambar yang ditambahkan kedalamnya setelah editing. Setelah pengolahan foto program yang akan menghasilkan gambar dengan bagian-bagian yang diedit berdiri sendiri.

Google Search by Image, Pencarian gambar terbalik. Anda bisa meng-upload foto disana untuk menemukan sumber asalnya dan untuk memeriksa disitus mana foto itu pernah diterbitkan.

TinEye, Serupa dengan Google Search by Image.

JPEGSnoop, Program yang harus diinstal pada perangkat windows. Program ini tidak hanya menunjukkan metadata gambar, tetapi juga format seperti AVI, DNG, PDF, THM. Program ini memungkinkan untuk mendeteksi kesalahan dalam file yang rusak, untuk mengetahui apakah gambar diedit dan sebagainya.

Dicari dengan kata kunci:

  • cek keaslian foto online

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'