Ini Manfaat Membaca Yang Belum Banyak Diketahui

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Suatu ketika hidup Anda sedang terpuruk karena sesuatu yang tidak Anda harapkan. Lalu galau dan stres melanda diri. Ditengah bimbangnya hati Anda melihat sebuah buku teronggok dan lalu mulai membacanya walau enggan pada awalnya. Tidak lama kemudian Anda tenggelam dalam ribuan kata yang merangkai makna. Setelah itu Anda merasa hidup Anda lebih segar, galau hati menghilang dan Anda siap melangkah lagi kedepan.

Bila Anda pernah mengalami hal seperti diatas maka itu bukanlah sesuatu yang aneh. menurut Dr Josie Billington deputi di Pusat Penelitian Membaca pada Universitas Liverpool hal tersebut merupakan anugerah besar dari manfaat membaca yang belum diketahui oleh kebanyakan orang.

Baca Juga :

4 Tips Menciptakan Kebiasaan Membaca
Langkah Kecil Baron dan Wulan Bangkitkan Minat Baca Warga

“Membaca dapat membawa perasaan yang lebih kaya, lebih luas yang memungkinkan orang untuk melihat kehidupan dengan lebih positif dan disertai pemahaman baru” ujar Billington. Pemahaman baru ini yang akan memberikan pembaca kemampuan lebih besar untuk mengatasi situasi sulit dalam kehidupan dan menghadapinya dengan lebih psotif dan tenang.

“Mereka yang gemar membaca merasa lebih mudah untuk membuat keputusan, rencana dan prioritas hidup. Ini kemungkinan karena mereka sudah mengetahui bahwa kesulitan dan kemunduran adalah aspet yang tidak dapat dihindari dari kehidupan manusia” ujar Billington.

Namun menurut Billington dan Sue Wilkinson, CEO of The Reading Agency, sebuah badan amal Inggris yang mengembangkan dan memberikan program-program untuk mendorong orang untuk membaca, para ahli kini menemukan membaca memiliki banyak manfaat tambahan untuk kesehatan fisik dan psikologis.

“Membaca secara umum juga dapat membantu mencegah kondisi seperti stres, depresi, dan demensia,” kata Wilkinson. “Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang membaca untuk kesenangan secara teratur melaporkan perasaan lebih sedikit stres dan depresi daripada non-pembaca”

Wilkinson juga mencatat bahwa orang yang membaca buku-buku secara teratur memiliki “perasan lebih puas, lebih bahagia, dan merasakah kehidupan mereka lebih berharga”

Dimana sebuah survei terbaru dari 1.500 pembaca dewasa menemukan bahwa 76% dari mereka mengatakan membaca meningkatkan kehidupan mereka dan membantu untuk membuat mereka merasa lebih baik.

Dan meskipun membaca umumnya dianggap pengalaman soliter, penelitian menunjukkan bahwa membaca memiliki manfaat bagi kehidupan sosial.

“Membaca memiliki kekuatan besar untuk Anda melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda”

“Selain meningkatkan kemauan dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain, membaca membantu membangun
toleransi atas pandangan orang lain,” ujar Billington

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
One Response
  1. mus 2 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *