Hukuman Unik Bagi Pembajak Film

Bila biasanya pembajak film dihukum dengan sanksi pidana atau denda tertentu tapi tidak bagi Pria bernama Jakub F. Oleh produsen film ia dipinta untuk membuat film dengan tema mengecam pembajakan dan film tersebut harus ditonton sebanyak 200.000 orang.

Banyak perusahan telah dirugikan oleh Jakub akibat perbuatannya membajak film. Perusahaan tersebut diantaranya HBO Europe, Sony Music, dan Twentieth Century Fox. Bahkan Microsoft mengaku dirugikan CZK 5,7 juta (Korona Ceko) atau sekitar Rp3,8 miliar rupiah.

Meski membawa Jakub ke pengadilan para perwakilan perusahaan tersebut menyadari Jakub tidak akan bisa membayar kerugian tersebut. Maka sebagai gantinya Jakub hanya membayar sejumlah kecil dari kerugian dan bersedia untuk terlibat dalam pembuatan film dengan tema anti pembajakan.

Namun Jakub diwajibkan bisa membuat film tersebut ditonton oleh 200.000 orang dalam dua bulan sejak peluncurannya. Jika tidak mencapai target maka perusahaan tersebut akan membawa kasus ini ke pengadilan perdata untuk menuntu ganti rugi kepada Jakub.

Berikut film yang dibuat oleh Jakub sebagai pengganti hukumannya. (bbc)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'