Hangatnya Teh Racikan Sendiri Saat Hujan

Anda termasuk yang punya ritual membuka jendela dan memandang ke luar saat hujan tiba? Hujan memang paling asyik dinikmati dengan sepiring pisang goreng mengepul, buku bacaan favorit, musik akustik, dan secangkir teh yang hangatnya sampai ke hati. Surga dunia.

Kalau biasanya teh yang Anda nikmati sekadar teh hitam, teh merah, atau teh hijau biasa, mumpung musim hujan baru mulai menyapa saatnya mencoba racikan baru. Sebelum mulai meracik, pilihan jenis teh sebaiknya disesuikan dengan waktu menyeduh. Pada pagi hari, pilihlah teh hitam yang bisa memberi efek seperti kafein tapi cukup aman untuk lambung yang belum terisi sarapan. Siang harinya, teh hijau bisa jadi pilihan, asal diminum setelah makan siang ya. Malam hari bisa dinikmati dengan seduhan teh hijau juga atau teh merah.
Nah, racikan teh macam apa sih yang cocok diminum saat hujan sedang deras-derasnya?

Teh Rempah
Pilih teh hitam lokal, siapkan rempah-rempah tambahan seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, serta selembar daun pandan. Ada dua macam cara menyiapkannya. Pertama, dengan merebus semua bahan menjadi satu (dua gelas belimbing air, sepotong kayu manis, 5 butir cengkeh, selembar daun pandan, satu kantung teh celup, selembar daun pandan, beberapa bongkah gula batu) hingga mendidih lalu siap dinikmati. Kedua, dengan memasukkan semua bahan tambahan di dalam poci lalu diseduh dengan air panas. Selain menghangatkan, teh rempah juga cocok bagi yang sedang masuk angin atau sakit kepala.

Teh Bunga Madu
Teh bunga tentunya dibuat dari jenis bunga tertentu. Tidak semua bunga bisa diseduh jadi teh pastinya. Teh bunga sepatu, krisan, lavendel, atau bunga pea biru dari Thailand. Siapkan jenis teh bunga favoritmu, takarannya bisa disesuikan dengan jumlah peminumnya. Siapkan juga madu murni tanpa rasa. Jika suka, perasan jeruk lemon juga bisa ditambahkan. Selain membuat relaks badan, teh bunga juga bisa jadi obat imsonia lho!

Teh Kulit Pohon Aroma
Ini jenis teh yang paling hardcore! Bagi yang tidak terbiasa minum jamu, sebaiknya menghindari jenis teh yang ini. Kulit pohon yang biasa diseduh sebagai teh adalah kulit pohon pepaya atau pohon jati. Konon, efeknya menjaga stamina tubuh dan mengobati penyakit tertentu. Khusus untuk teh kulit pohon, sebaiknya disiapkan dengan cara direbus langsung. Agar rasanya tetap nikmat, ketika merebus bisa ditambahkan beberapa iris jahe. Jika ingin terasa sedikit manis, saat sudah dituang ke cangkir bisa sambil menambahkan gula batu atau madu. Tubuh pun siap kembali menerjang hujan sepulang kerja.

Selamat mencoba, semoga hangatnya tahan lama!

Muthia Esfand
Follow me

Muthia Esfand

editor in chief at fantasiousID
Muthia Esfand
Follow me

Latest posts by Muthia Esfand (see all)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'