Facebook Semakin Kaya Karena Anda. Akankah Anda Dibayar Untuk Itu?

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook7Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Jika Anda rajin menggunakan Facebook sehari-hari mungkin sudah saatnya untuk meminta kenaikan upah. Karena berdasar riset yang dilakukan oleh situs eMarketer, tahun ini Facebook memeroleh peningkatan penghasilan sebanyak 20 persen dibandingkan tahun 2014.

Rata-rata pengguna Facebook telah menyumbangkan penghasilan iklan bagi situs yang dibuat oleh Mark Zucekerberg itu sebesar 12,76 Dollar Amerika setiap tahun. Artinya, setiap satu pengguna Facebook menyumbangkan penghasilan sebanyak tersebut selama setahun. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 10,03 Dollar Amerika. Diperkirakan angka ini akan meningkat hingga 17,50 Dollar Amerika pada tahun 2017. Sedangkan data per April 2015, pengguna Facebook adalah sebanyak 1,44 milyar!

Pertanyaannya darimana Facebook mendapatkan uang tersebut? Ada dua sisi, pertama pengiklan membayar lebih untuk menjual produk di media sosial dan media sosial bekerja lebih banyak cara untuk menunjukkan iklan kepada para penggunanya. Memang baik Facebook dan Twitter mulai jenuh dengan iklan yang mereka tampilkan. tetapi dengan kedua situs tersebut terus mengembangkan produk baru, maka akan selalu ada tempat-tempat untuk menempatkan iklan.

Sementara itu para pengiklan membayar lebih sesuai hukum penawaran dan permintaan. Dengan kondisi iklan secara langsung kepada konsumen menyusut dengan kematian iklan cetak, penurunan media penyiaran serta munculnya aplikasi adblockers. Sementara itu media sosial terus memberikan penawaran yang lebih baik untuk para pengiklan. Semakin banyak informasi spesifik yang ditulis para pengguna serta gaya baru dan inovasi dari pengiriman iklan ke konsumen, seperti iklan video di Facebook dan Twitter, maka akan mendorong pengiklan untuk terus menambah biaya iklannya.

Tentu saja, Facebook tidak akan membayar Anda sebagai pengguna yang berperan besat dalam penghasilan mereka. Namun begitu ada beberapa pengamat yang mengatakan Facebook harus membayar para penggunanya. Musisi yang sekaligus pengamat internet Jaron Lanier berpendapat bahwa segala informasi pribadi yang kita serahkan kepada Facebook dan Google harus ada kompensasi balik.

“Karena menggunakan informasi kita untuk menghasilkan keuntungan ini adalah sesuatu yang krusial,” ujarnya sebagaimana dikutip dari guardian.com

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook7Share on Google+2Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0