Demam Afternoon Tea di Jakarta

Anda termasuk yang mulai sering mendapat undangan afternoon tea dari teman atau relasi? Jangan sampai tidak datang karena masih tidak familier dengan acara kumpul-kumpul ala British ini ya.

Dari mana sih munculnya tradisi ini? Kabarnya, Anna Duchess of Bedford adalah orang yang pertama kali memperkenalkan acara minum teh sore ini di Inggris tahun 1840. Sebabnya sederhana saja, waktu makan malam di Inggris ketika itu dimulai pukul 20.00. Sering kali sang Duchess sudah merasa kelaparan saat menunggu makan malam tiba. Demi pengganjal perut, ia kadang minta agar sajian teh panas, roti, mentega, dan kue diantarkan ke kamarnya, sekitar pukul 16.00-17.00. Lumayan untuk pengisi perut, pikirnya. Lama-lama, momen pengganjal perut itu jadi kebiasaan barunya. Sang Duchess malah mulai mengundang teman-temannya untuk menemaninya minum teh sore hari.

Apa saja sih hal yang harus diperhatikan dalam acara afternoon tea ini? Agar Anda bisa menikmatinya dengan penuh senyum bahagia.

1. Pilih Teh Sesuai Selera
Hidangan utama dari acara hangout semacam ini tentu saja tehnya. Agar Anda bisa mengobrol lebih nyaman dengan teman dan relasi, pilih jenis teh yang paling Anda suka, atau yang cocok dengan suasana hati Anda sore itu. Pilihan teh yang tersedia biasanya jenis teh ala Inggris seperti english breakfast tea dan earl grey tea, atau tipe yang lebih umum seperti teh mint, teh hijau, teh melati, teh putih, atau teh bunga.

2. Urutan Menikmati Kudapan
Sebagai teman minum teh dan ngobrol, akan disajikan juga kudapan dalam semacam rak susun porselen. Nah, jangan asal comot begitu saja, ada aturan dasar kudapan dan kue mana yang harus dimakan terlebih dahulu. Kalau sesuai tradisi aslinya, kudapan yang disajikan adalah roti, mentega, dan kue. Tiga kombinasi ini lalu berubah menjadi kombinasi sandwich-scone-cake/sweet. Pada intinya, mulailah dari kudapan yang tidak terlalu manis; lalu kudapan yang gurih berpadu krim, selai, atau mentega; ditutup dengan kue atau kukis manis.

3. Batas Waktu
Ingat, ini afternoon tea, jadi ada batas waktu tertentu. Jika di Inggris mium teh sore biasanya dilakukan pukul 16.00-17.00, di beberapa kafe di Jakarta biasanya menyediakan menu afternoon tea mulai pukul 15.00-18.00. Jangan sampai bablas masuk jam makan malam ya!

Jika ingin menghabiskan sore akhir pekan dengan keluarga, Urbaners juga bisa membuat sendiri acara minum teh sore semacam ini di rumah. Kudapannya bisa disesuaikan dengan selera Nusantara, dengan pisang goreng sebagai andalannya! Selamat ber-afternoon tea.

Muthia Esfand
Follow me

Muthia Esfand

editor in chief at fantasiousID
Muthia Esfand
Follow me

Latest posts by Muthia Esfand (see all)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'