David Bowie, Jerman dan Tembok Berlin

bowieberlin

Sebuah posting dalam twitter resmi kantor luar negeri Jerman bertulis, “Good-bye, David Bowie. You are now among #Heroes. Thank you for helping to bring down the #wall.“

Cuitan tersebut langsung terhubung dengan laman Youtube yang menunjukkan David Bowie saat tampil live membawakan lagu Heroes.

David Bowie, yang diumumkan meninggal pada 10 Januari lalu pda usia 69 tahun, memiliki sejarah panjang dengan Jerman, setelah ia tinggal dan bekerja di Berlin selama puncak perang dingin.

Di Jerman David Bowie terpengaruh pada band Karftwerk dan Neu. Pada tahun 1976 ia pindah dari Swiss ke Berlin Barat dimana ia sering menggunakan sepeda dari apartemennya menuju Hansa Tonstudio, studio rekaman yang ia gunakan di Kreuzberg, dekat dengan Tembok Berlin.

Bowie berbagi aparteman dengan Iggy Pop saat bekerja di Hansa Tonstudio dengan Brian Eno. Album Low salah satu yang dihasilkan dalam periode ini.

Heroes adalah album keduanya yang dibuat di Berlin. Dirilis pada tahun 1978 Album ini berawarna musik pop-rock yang lebih tradisional dan lirik banyak terpengaruh dari perang dingin.

Lalu pada tahun 1979 Bowie merilis album ketiga di Berlin yakni Lodger yang terinspirasi dari punk dan new wave. Bowie lalu meninggalkan Berlin tak lama sebelaum merekam album di Swiss, meski ia kembali ke Jerman selama tahun-tahun berikutnya. (independent)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'