Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Kepergian Mike Mohede pada akhir 31 Juli 2016 membuat banyak orang tidak percaya. Serangan jantung menjadi penyebab kematiannya yang juga tidak disangka oleh keluarga dan sahabatnya. Dua bulan sebelum Mike Mohede meninggal, dunia keartisan Indonesia juga dikagetkan dengan kepergian Irene Justine yang masih berusia 23 tahun. Dia meninggal saat menjalani syuting di sebuah acara televisi. Kedua orang tersebut menghembuskan nafas terakhir secara mendadak yang bahkan orang-orang di sekitarnya tidak mengetahui adanya riwayat penyakit jantung pada mereka.

Penyakit jantung merupakan silent killer nomor satu di dunia dan nomor dua di Indonesia. Celakanya, tidak semua orang memahami gejala awal yang timbul dari serangan jantung ini. Selain faktor bawaan berupa riwayat keluarga seperti penyakit jantung dan diabetes, pola hidup tidak sehat juga menjadi penyebab terbesar orang-orang masa kini. Risiko utama penyakit jantung disebabkan karena kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol dan makanan berkolestrol. Seseorang yang bahkan tidak memiliki riwayat penyakit jantung, apabila menjalani hidup yang tidak sehat bisa mengalami kematian mendadak.

Mulai saat ini hilangkan asumsi bahwa penyakit jantung hanya menyerang usia lanjut. Lakukan beberapa hal berikut untuk menyayangi jantung sebelum terlambat:

  1. Pola makan sehat

Usahakan menu makan setiap hari memenuhi gizi seimbang, tidak kurang dan tidak lebih. Selalu sedia sayur dan buah dengan porsi setengah dari piring makan setiap makan akan membantu tubuh terhindar dari serangan jantung.

  1. Perhatikan berat badan

Berat badan berlebih memiliki banyak kerugian, terutama di sisi kesehatan. Selain tidak bebas bergerak, berat badan berlebih memaksa jantung untuk bekerja lebih berat. Sesuatu yang bekerja berat setiap hari rentan memiliki kerusakan parah, begitu pula dengan jantung.

  1. Aktif bergerak

Kesibukan bukanlah alasan untuk aktif bergerak. Setidaknya satu minggu sekali, lakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai selama 2 jam. Jika satu minggu dirasa terlalu lama, berjalanlah keluar rumah selama 30 menit setiap pagi. Kegiatan ini membuat tubuh terasa segar dan menjadi latihan yang baik bagi jantung.

  1. Perhatikan kadar garam

Asupan garam dalam sehari memang tidak banyak. Sebab garam membuat tubuh menyimpan cairan yang nantinya berakibat naiknya tekanan darah. Bagi penyuka rasa asin, sebaiknya atur penggunaan garam dalam sehari sesuai porsi, yaitu maksimal 1.500 mg.

  1. Kendalian stress

Apapun alasannya, stress selalu menimbulkan gangguan kesehatan pada pelakunya. Itu sebabnya, hidup penuh tekanan sangat tidak disarankan. Menjalani hidup apa adanya adalah cara terbaik menjaga kesehatan.

  1. Kebiasaan hidup sehat

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol benar-benar merusak tubuh. Kebiasaan ini menyebabkan banyak penyakit menyerang tubuh. Oleh karenanya, mulailah mengurangi sedikit demi sedikit dan lanjutkan dengan berhenti mengonsumsi selamanya.

demikian artikel mengenaiĀ Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini, semoga bisa berguna buat Urbaners semua.

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'