Berbagai Cerita Unik Lebaran di Beberapa Negara

 

Berbagai Cerita Unik Lebaran di Beberapa Negara

Berbagai Cerita Unik Lebaran di Beberapa Negara

Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut juga dengan lebaran adalah salah satu hari besar umat Islam di seluruh dunia. Karena Idul Fitri ini ialah hari kemenangan setelah umat Islam menjalankan puasa wajib selama satu bulan, maka tidaklah mengherankan jika perayaannya menjadi sangat spesial bagi semua umat. Di Indonesia sendiri, cerita unik yang paling terkenal saat berlebaran adalah banyaknya orang mudik atau pulang kampung untuk berkumpul dengan anggota keluarga mereka. Lantas, bagaimana dengan negara lain? Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai hal tersebut, maka inilah berbagai cerita unik lebaran di beberapa negara di dunia.

Diawali dari negara yang terkenal dengan kota Mekkah yaitu Arab Saudi. Di negara yang mayoritas penduduknya memeluk Islam ini memiliki tradisi yang unik saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Berbeda dengan yang ada di Indonesia yang mana akan banyak sekali makanan lezat yang dibuat, di Arab Saudi sendiri, perayaan lebaran akan dipenuhi dengan berbagai macam acara kesenian yang digelar. Disana, anda akan temukan pementasan teater, pertunjukkan musik, pembacaan puisi hingga parade besar yang diadakan di kota Riyadh.

Kemudian, cerita unik lebaran di beberapa negara lainnya datang dari negara yang berada di dua benua, Asia dan Eropa. Ya, inilah negara Turki yang sangat terkenal dengan budayanya yang kental. Di negara ini, saat lebaran ada sebuah tradisi unik yang dilakukan warganya. Setelah sungkeman atau saling bermaaf-maafan di Hari Raya Idul Fitri, semua orang akan melakukan festival gula atau yang biasa disebut dengan seker bayram. Dalam festival unik ini, masyarakat turki akan mengantarkan manisan ke rumah tetangga mereka.

Lalu, cerita unik lebaran di beberapa negara di dunia juga ada di China. Negara yang terkenal dengan bahasa Mandarinnya ini biasa merayakan lebaran atau Hari Raya Idul Fitri dengan berkunjung ke makam leluhur mereka. Tradisi yang satu ini dilakukan dengan tujuan untuk menghormati leluhur beragama Islam yang tewas pada masa Dinasti Qing. Pakaian khas pun akan dikenakam saat lakulan tradisi ini. Para pria akan kenakan jas dan kopiah berwarna putih sedangkan para wanita akan kenakan baju hangat dan juga kerudung.

Cerita unik lebaran di beberapa negara di dunia pun datang dari salah satu negara di benua Afrika. Inilah negara Afrika Selatan yang memiliki sebuah tradisi cukup unik dalam menyambut datangnya lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Untuk makin memeriahkan hari lebaran, para warga di negara ini berkumpul di sebuah tempat bernama Green Point di Cape Town. Di tempat tersebut, mereka akan lakukan buka puasa bersama yang kemudian akan dilakukannya takbir bersama.

Temukan Saya

Arista Budiyono

Tukang Nulis dan Nonton at Infosuporter
Saat ini sepakbola Indonesia hanyalah permainan dan sedau gurau belaka
Temukan Saya

Comments

comments

4 Comments
  1. car insurance rate 5 months ago
  2. http://www./ 1 month ago
  3. http://www./ 3 weeks ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'