Asap Pembakaran Hutan Memasuki Jakarta

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook58Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Sebaran asap dari kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan dan Sumatera semakin meluas. Laporan terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan asap tipis-sedang menutup Laut Jawa dan sebagian Jakarta.

“Jakarta sepanjang hari tertutup kabut asap seperti hazy. Asap tipis Sumatera dan Kalimantan telah mengimbas ibukota” ujar KepalaPusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (23/10) lewat akun twitternya @Sutopo_BNPB.

Sejak Jumat (23/10) sore hingga Sabtu (24/10) pagi kabut tipis memenuhi langit Jakarta. Kabut ini disebut Sutopo merupakan dampak dari bencana asap namun dampaknya tidak terlalu lama.

Sutopo juga mengungkapkan sebaran asap makin luas dan tak terkendali. Kini hanya pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang belum tertutup asap.

Melihat perkembangan ini Presiden Joko Widodo memutuskan meningkatkan pengendalian kebakaran hutan dan lahan dengan menunjuk Menkopolhukam Luhut Pandjaitan sebagai koordinator.

Presiden meminta semua kementerian untuk melakukan operasi kemanusiaan guna menyelamatkan korban bencana kabut asap yang melanda sejumlah daerah.

Data BNPB sejak 1 Juli-23 Oktober 2015 tercatat ada 503.874 jiwa yang menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)‎ di 6 provinsi.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook58Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *