Asap Indonesia, Liburkan Sekolah di Malaysia

Pemerintah Malaysia meminta pemerintah Indonesia untuk berkomitmen penuh dalam memerangi penyebab bencana asap yang selalu berulang setiap tahunnya.

Dilansir dari Malaysiakini.com,  Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi mengatakan meski pemimpin dan rakyat Indonesia peduli dan berbuat untuk mengatasi bencana asap ini namun itu belumlah cukup.

“Dalam hal ini kami sangat berterima kasih jika Indonesia bisa berdiskusi dengan mitranya di ASEAN untuk mengambil langkah-langkah panjang” ujarnya.

“Kami tidak berharap hanya komitmen di atas kertas atau hanya pernyataan menyenangkan untuk didengar telinga, tetapi butuh langkah kongkret untuk mengakhiri bencana asap ini” tambahnya.

Selain terdampak di pulau Sumatera dan Kalimantan, bencana asap yang timbul akibat pembakaran lahan juga menyambangi negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Terbaru, sebagaimana dilaporkan bbc.com pemerintah Malaysia memerintahkan penutupan sekolah selama dua hari, mulai Senin hingga Selasa, 5-6 Oktober, di hampir semua wilayah karena tebalnya asap di negara tersebut.

Hanya di negara Bagian Kelantan, Sabah, dan Serawak saja kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Lima kawsan di Malaysia memberlakukan status “tidak sehat” dan satu kawasan menyematkan status “tingkat berbahaya” untuk polusi udara akibat bencana asap ini.

Sebelumnya dalam wawancara dengan bbc.com, Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia butuh waktu tiga tahun untuk mengatasi bencana asap ini. Meski begitu Ia menjanjikan setiap tahunnya akan berkurang dampak dari bencana asap ini.

About the Author

Syakib
Suka nulis dan suka baca tapi gak suka ngedit jadi suka typo dan gak sesuai EYD tulisannya...

Be the first to comment on "Asap Indonesia, Liburkan Sekolah di Malaysia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*