Amazon Gugat Lebih dari 1.000 Penjual yang Gunakan Review Palsu

A box from Amazon.com is pictured on the porch of a house in Golden, Colorado in this July 23, 2008, file photo. Amazon, through lower overhead, efficient inventory management, and better product selection and search, has dominated online purchases during the festive season. To match ANALYSIS AMAZON-HOLIDAY/ REUTERS/Rick Wilking/Files (UNITED STATES - Tags: BUSINESS)
Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Review atau testimoni akan sebuah produk dalam dunia jual-beli online sangat penting dalam mempengaruhi pembeli. Namun, tidak jarang para seller memberikan review palsu akan produce yang jualnya dengan tujuan terjual cepat dan banyak. Jika sudah begini maka yang rugi adalah konsumen itu sendiri.

Baru-baru ini situs Amazon mengajukan gugatan kepada lebih dari 100O penjual yang memberikan review palsu atas produk yang dijualnya. Review yang diberikan mampu menipu pengunjung Amazon untuk membeli produk yang ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Dalam gugatan yang diajukan ke pengadilan Seattle, Jumat (16/10) Amazon menargetkan para pemilik akun di Fivver.com, sebuah situs web yang menyediakan tempat untuk menjual produk, menawarkan jasa atau apa saja dengan harga 5 US Dollar keatas. Amazon sendiri tidak mengetahui siapa dibalik pemilik akun yang membuat mereka memasukkan gugatan kepada “John Doe”.

Larangan penggunaan review palsu merupakan salah satu syarat yang wajib dipatuhi para penjual jika ingin memasarkan produk di situs Amazon. Penggunaan review palsu juga melanggar undang-undang perlindungan konsumen Washington.

Dokumen pengadilan mengatakan Amazon melakukan “penyelidikan mendalam” ke pengguna Fiverr. Fivver sendiri belum mengatakan apakah akan bekerja sama dalam kasus ini meski telah mengatakan, “kita aktif menghapus layanan yang melanggar ketentuan kami”.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
About Syakib 252 Articles
Suka nulis dan suka baca tapi gak suka ngedit jadi suka typo dan gak sesuai EYD tulisannya...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*